Kamu Harus Tahu! Ini Dia Alternatif Karbohidrat Sebagai Pengganti Nasi Saat Puasa

MONITOR – Sebagai orang Indonesia, tentunya nasi menjadi menu utama yang selalu dikonsumi karena dianggap sebagai sumber karbohidrat utama untuk memasok sumber energi utama bagi tubuh.

Tapi, tahukah Anda, terlalu banyak mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat juga tidak baik bagi kesehatan tubuh, karena dapat memicu berbagai banyak penyakit, seperti obesitas dan diabetes.

Lalu, bagaimana menjaga tubuh tetap fit dan penuh konsentrasi, Nah, sebenarnya ada banyak pilihan makanan pengganti nasi sebagai alternatif karbohidrat yang bisa Anda konsumsi selama bulan puasa, nih.

Selain membantu menurunkan berat badan, mengonsumsi menu pengganti nasi saat puasa ini juga bisa menekan potensi penyakit diabetes dan pradiabetes 1, 2 dan 3. Mau tahu apa saja menu alternatif karbohidrat yang dimaksud?

Berikut menu pengganti nasi saat puasa yang bisa Anda coba!

1. Roti

Menu pengganti nasi saat puasa pertama yaitu roti. Roti memang dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Sepotong roti putih saja dapat mengandung 15 gram karbohidrat.

Jika Anda menyukai pizza, Anda bisa menggantikan pinggiran pizza tersebut dengan sayuran. Jadi, daripada menaburkan keju di pinggiran pizza, Anda bisa menggantikannya dengan irisan terong kukus atau jamur atau kembang kol, telur, dan rempah-rempah.

2. Pasta

Biasanya sebelum makan pasta, selalu diawali dengan menu makanan pembuka, bukan? Nah, Anda bisa membuat hidangan pembuka sendiri yang rendah karbohidrat dari bahan yang mengandung zat tepung atau kentang. Anda juga bisa menambahkannya dengan kol kukus, bumbu seperti mentega, garam, dan merica dalam jumlah yang sedikit.

3. Camilan rendah karbohidrat

Apa saja ide camilan rendah karbohidrat yang bisa dijadikan menu pengganti nasi saat puasa? Bagi Anda yang sangat senang mengemil, makanan seperti keripik, pretzel, dan sereal merupakan menu yang mengandung karbohidrat tinggi.

Mulai sekarang, coba ganti cemilan Anda dengan kacang atau daun seledri yang diolesi oleh selai kacang. Selain itu, daripada Anda mengemil keripik kentang kemasan, Anda bisa mengantinya dengan keripik daun kale yang rendah kalori.

4. Minuman Rendah Karbohidrat

Selalu ingat, karbohidrat tidak hanya ada pada makanan saja, tetapi terdapat pada minuman juga. Nah, bagi Anda penggemar minuman milkshake, bisa memilih protein shake yang dicampur dengan buah beri dan sedikit susu sebagai menu alternatif karbohidrat.

Selain itu, hati-hati dengan kandungan karbohidrat yang ada pada jus, soda, serta minuman energi. Ganti minuman manis Anda dengan dengan jus lemon, kopi hitam tanpa gula, atau teh herbal, ya.

Dengan berbagai pilihan menu pengganti nasi saat puasa di atas, Anda bisa menjalani puasa dengan tenang tanpa harus khawatir kekurangan energi untuk seharian. Semoga bermanfaat!