Jawa Timur Pertahankan Gelar Juara Umum Kejurnas Panjat Tebing KU XII

MONITOR, Sawahlunto – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Jawa Timur sukses mempertahankan gelar juara umum dalam Kejuaran Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kelompok Umur XII di Taman Silo, Sawahlunto, Sumatra Barat. Selain berhasil mempertahankan gelar, FPTI Jawa Timur juga sukses memperpanjang tradisi juara selama enam kali berturut-turut sejak 2012.

FPTI Jatim memastikan menjadi juara umum setelah pada hari terakhir Kejurnas, Selasa (29/8) Kharisma Ragil Rakasiwi yang tampil di Kategori Boulder nomor perseorangan Youth A Putri merebut emas. Kharisma Ragil Rakasiwi mengalahkan rekan setimnya Khairul Umi yang mendapatkan perunggu dan Zulfatul Mulki dari Kalimantan Timur yang memperoleh medali perak. Kharisma Ragil Rakasiwi ini menggenapi perolehan medali emas FPTI Jatim menjadi 10 buah. Ada pun medali perak sebanyak empat buah dan medali perunggu sebanyak 10 buah. 

Sukses mempertahankan gelar juara bagi FPTI Jawa Timur bukanlah sebuah kebetulan. Mereka mengirim 17 atlet dengan persiapan matang. Para pengurus melakukan pembinaan secara teratur di level kelompok umur maupun di level senior.

"Pembinaan. Kami di Pengprov maupun di Pengkab melakukan pembinaan terus menerus terhadap atlet-atlet kami. Kami juga selalu punya target di setiap nomor yang dipertandingkan," ungkap Fery Ferdinan, Manager Tim FPTI Jatim membeberkan rahasia suksesnya.

Menyusul FPTI Jawa Timur adalah Tim FPTI Kalimantan Timur yang sukses menduduki peringkat kedua dengan perolehan medali emas sebanyak tiga buah, medali perak tujuh buah dan medali perunggu sebanyak lima buah. Prestasi FPTI Kaltim ini mengulang tahun sebelumnya di mana mereka juga menduduki peringkat kedua. 

Di peringkat ketiga, FPTI DIY berhasil menggeser FPTI Jawa Tengah.  Tampil hanya dengan tiga atlet, FPTI DIY menjadi kuda hitam dan berhasil mendulang tiga medali emas dan tiga medali perak tanpa satu pun medali perunggu