Ini Akibat Tidak Rajin Mencuci Muka Sebelum Tidur

MONITOR, Jakarta – Memiliki wajah bersih dan mulus adalah dambaan setiap orang khususnya wanita. Bahkan sebagian besar wanita harus merogoh kocek dalam hanya untuk merawat wajahnya.

Ada beberapa hal yang sederhana dan seringkali disepelekan, namun sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Salah satu contohnya adalah kebiasaan mencuci muka sebelum tidur.

Banyak orang yang menyepelekan kebiasaan mencuci muka sebelum tidur karena terlalu lelah setelah beraktivitas seharian. Padahal, kepadatan aktivitas di siang hari membuat wajah penuh dengan minyak dan debu yang diakibatkan polusi.

Berikut adalah beberapa akibat yang akan ditimbulkan baik jangka pendek maupun panjang apabila tidak rajin mencuci muka sebelum tidur:

  1. Kulit wajah akan menjadi kusam yang disebabkan oleh minyak dan debu akibat polusi yang tidak dibersihkan akan mengumpul dan mengendap di kulit.
  2. Selain membuat kulit jadi kusam, kotoran yang mengendap di kulit dan tidak dibersihkan akan masuk dan menyumbat pori-pori kemudian menimbulkan jerawat, flek, dan juga komedo.
  3. Sebagian besar wanita suka menggunakan make-up untuk menunjang penampilannya sehari-hari. Sisa-sisa make-up di wajah yang tidak dibersihkan tentu akan menjadi masalah terutama pada kulit sensitif seperti menyebabkan gatal, iritasi, atau alergi.
  4. Saat tidur malam adalah saat tubuh melakukan proses regenerasi sel, termasuk kulit. Penumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati akan menghambat proses regenerasi sel kulit yang baru.
  5. Radikal bebas yang bersarang di kulit akan menimbulkan permasalahan jangka panjang seperti penuaan dini.

Jika ingin terhindar dari beberapa akibat di atas, mulailah biasakan hidup bersih dengan mencuci muka sebelum tidur malam setiap hari.