Ilmuwan Jepang Temukan Es Krim Anti Mencair

MONITOR- Periset dari Universitas Kanazawa di Jepang mengklaim telah menemukan cara untuk mengklaim telah menemukan cara untuk menghentikan es krim agar tidak mencair.

Padahal, biasanya es krim akan segera mencair setelah diambil dari wadahnya. Tapi dengan penemuan yang diklaim dapat menghentikan pencairan es krim kita bisa menikmati lezatnya es krim sungguhan lebih lama.

Dilansir Sputniknews, oara ilmuwan di Pusat Pengembangan Bioterapi menemukan gagasan unik tersebut ketika mereka meminta seorang chef untuk membuat makanan penutup dengan menggunakan cairan polifenol, yang biasanya digunakan oleh petani stroberi yang tanamannya rusak setelah gempa dan tsunami dahsyat di Jepang.

 

Mereka segera menyadari bahwa krim susu segera memadat ketika polifenol stroberi ditambahkan.

Dilaporkan bahwa es krim dengan polifenol stroberi dapat bertahan hingga tiga jam pada suhu normal tanpa pendingin. Percobaan lain dilakukan, dimana es krim tersebut diletakkan di depan pengering rambut yang meniupkan panas, hasilnya selama lima menit es krim masih mempertahankan bentuknya.

Profesor Tmihisa Ota, salah satu peneliti proyek tersebut menemukan kualitas unik cairan polifenol tersebut.

"Cairan polifenol memiliki khasiat untuk menyulitkan air dan minyak agar terpisah sehingga es krim yang mengandung cairan tersebut dapat mempertahankan betuk aslinya lebih lama dari biasanya," katanya.

Di Jepang, selama musim panas ini es krim tahan lama itu telah dijual dengan berbagai rasa, termasuk coklat, vanili dan stroberi.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia