Hindari Penyakit Jantung dan Kenali Penyebabnya

MONITOR – Mungkin kita sudah sering mendengar bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia?

Menurut sejumlah riset dan pemberitaan, penyakit jantung terbukti bertanggungjawab atas 17,5 juta kasus kematian secara global, atau mewakili 31% kasus kematian secara total pada 2015 lalu.

Mengerikan, bukan?

Meskipun kini kesadaran publik akan penyakit jantung semakin meningkat, namun hasil statistik masih menunjukkan kematian 1 dari 10 orang di usia 30-70 tahun disebabkan oleh penyakit jantung.

Agar Anda tidak menjadi salah satu korban di antaranya, yuk mari kenali kebiasaan yang menjadi penyebab penyakit jantung!

1. Pola makan tidak sehat

Semakin menjamurnya kios-kios makanan fast food, akhirnya mampu mengubah perilaku dan pola makan masyarakat kaum urban menjadi tidak sehat. Coba bayangkan, selain kaya akan minyak dan lemak jenuh, makanan cepat saji juga tinggi akan kandungan garam, gula, tanpa diiringi tingginya kandungan serat dan gizi.

Belum lagi bahan pengawet dan zat-zat kimia yang dimasukkan ke dalam bahan utama. Tumpukan dari bahan-bahan berbahaya inilah yang kemudian akan membuat Anda semakin rentan menderita penyakit jantung.

2. Minim aktivitas fisik

Ayo, absen! Siapa di antara Anda yang lebih memilih malas-malasan di depan gadget dibanding lari-lari kecil mengitari taman atau komplek perumahan? Sudah bukan rahasia lagi bahwa minimnya aktivitas fisik akan memperburuk kondisi jantung, secara perlahan namun pasti.

Bandingkan saja dengan tubuh yang rajin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari Tubuh yang aktif akan terus memacu jantung untuk memompa darah dengan optimal. Dampaknya, individu terkait akan terhindar dari segala gejala penyakit jantung.

3. Obesitas

Kombinasi dari kedua hal di atas, akan membuat tumpukan lemak di tubuh Anda semakin besar, tanpa ada yang diolah menjadi serat dan energi. Akibatnya, bobot tubuh Anda harus masuk ke dalam kategori obesitas.

Nah, jika Anda tidak segera mengubah keadaan ini, maka siap-siap saja dengan risiko medis yang harus ditanggung, mulai dari peyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga diabetes.

4. Kebiasaan merokok

Seperti yang tertera di belakang setiap kemasannya, rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti jantung, kanker, hipertensi, hingga impotensi. Hal ini tidak lain karena kandungan rokok yang berada di dalamnya syarat dengan berbagai zat berbahaya yang tidak aman jika dikonsumsi ke dalam tubuh.

5. Stres berlebih

Jarang yang mengetahui bahwa stres berlebih juga dapat membuat Anda rentan terkena penyakit jantung. Lalu, langkah pencegahan apa yang bisa dilakukan? Demi meminimalisir risiko stres akibat pekerjaan, Anda dapat mencoba meditasi atau olahraga penenang pikiran yang lain –semisal yoga.

Selain itu, Anda juga bisa meredakan stres dengan menyempatkan melakukan hobi di sela-sela kesibukan. Mudah, bukan?

6. Jarang berkonsultasi ke dokter

Kebiasaan masyarakat yang enggan berkonsultasi kesehatan ke dokter secara rutin, dan menunggu hingga sakit parah, membuat Anda akhirnya terlanjur menderita penyakit jantung yang sudah mengancam jiwa.

Padahal, dengan rajin berkonsultasi ke dokter, Anda dapat memahami kondisi kesehatan dengan lebih baik. Selain itu, langkah ini juga bermanfaat untuk mendeteksi penyakit sejak dini, sebelum akhirnya bertambah parah dan mengancam nyawa.

Nah, itulah 6 kebiasaan yang kerapkali menjadi penyebab seseorang menderita penyakit jantung.

Ingat, hindari kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan pola hidup yang lebih sehat, ya!