Hemat Energi, Inovasi Microgrid Diluncurkan di Jepang

MONITOR, Hyogo  – Inovasi teknologi di bidang pengembangan sistem microgrid atau sistem manajemen distribusi energi regional diluncurkan Jepang baru-baru ini.

Proyek bersama antara PanaHome Corporation, ENERES Co., Ltd, IBJ Leasing Co., Ltd. dan Badan Usaha Publik dari Rencana Pemerintah Prefektur Hyogo, Jepang itu dipercaya akan memperkuat distribusi energi di 117 rumah di Zona D4 dari program Smart City Shioashiya Solar-Shima, yang dirancang dan dikembangkan oleh PanaHome di Ashiya City, Prefektur Hyogo.

Pada Agustus 2017 silam, proyek ini dipilih sebagai bagian dari program subsidi Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri untuk mempromosikan produksi energi lokal untuk konsumsi lokal dengan memanfaatkan karakteristik daerah.

Dilansir dari Busineswire pada Jumat (5/10), Jalur distribusi tenaga pribadi dalam proyek ini memungkinkan untuk menerima tenaga dan secara fleksibel menetapkan tingkat daya. 

Akibatnya, ini menimbulkan sejumlah keuntungan bagi pemilik rumah termasuk pemotongan 20% tagihan listrik mereka. 

Tujuan utama lainnya adalah berkontribusi pada lingkungan, terutama dengan memaksimalkan penggunaan energi terbarukan untuk mengurangi emisi CO2.

Ke depan proyek ini akan berkontribusi pada solusi untuk berbagi tenaga listrik antar bangunan, mencegah pemadaman listrik di wilayah-wilayah di luar negeri dimana jaringan listrik lemah, dan dalam menunjukkan solusi di luar negeri.