Guys, Ini Dia Olahraga Populer di Tahun 2018

Ilustrasi Olahraga (Foto: Dok Meetdoctor)

MONITOR – Tahun 2018 tinggal 4 bulan lagi, lho! Sepanjang tahun ini, sudah banyak tren olahraga yang muncul, dan hampir semuanya dipamerkan di sosial media Anda.

Ada beberapa yang memang kepopulerannya tak lekang oleh waktu, namun ada pula yang menjadi pendatang baru.

Nah, apa saja sih olahraga yang populer di tahun 2018? Apa manfaat kesehatan dari tren olahraga tersebut?

Yuk, simak daftar olahraga yang populer di tahun 2018 beserta manfaatnya berikut ini!

1. Angkat berat

Olahraga angkat berat (Foto: Dok Tempo.com)

Olahraga yang populer di tahun 2018 pertama angkat berat. Olahraga ini merupakan jenis olahraga yang sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Anda bisa melakukan olahraga ini di rumah, dengan angkat barbel, dan memvariasikannya dengan naik-turun tangga.

Anda juga bisa melakukan ini di tempat fitness dengan beban yang lebih berat. Manfaat kesehatannya pun beragam, selain menguatkan tulang dan otot-otot, angkat berat juga meningkatkan ketahanan tubuh dan membakar lemak serta kalori tubuh. Hal ini akan menjaga bentuk tubuh Anda tetap bagus.

2. Ballet barre

Olahraga ballet barre

Latihan Ballet Barre termasuk jenis latihan baru yang menggabungkan gerakan-gerakan dalam balet, dengan gerakan yoga.

Olahraga ini dapat meningkatkan keseimbangan Anda, menguatkan tubuh, tulang dan otot-otot, serta membuat tubuh Anda lebih fleksibel sehingga tidak mudah kaku dan kram.

Tak hanya itu, Ballet barre juga dipercaya mampu membakar kalori, sehingga menjaga bentuk badan Anda.

3. Panahan

Olahraga panahan (Foto: Dok Hello sehat.com)

Mulai dari kepopuleran Katniss Everdeen, Legolas, kemenangan Indonesia di Olimpiade, hingga sunnah Rasul, masyarakat Indonesia memiliki banyak alasan untu menyukai cabang olahraga panahan.

Olahraga ini sesuai untuk semua kalangan, dan manfaat sehatnya juga tak sedikit.

Panahan dipercaya mampu meningkatkan daya konsentrasi serta koordinasi Anda. Selain itu, panahan juga bisa memperbaiki kontrol Anda terhadap berbagai aktivitas, Anda tidak mudah didistraksi, dan meningkatkan kekuatan terutama di bagian tangan dan lengan.

4. Yoga

Olahraga yang populer di tahun 2018 selanjutnya, yoga merupakan salah satu jenis latihan yang tak lekang oleh waktu.

Di masa apapun, selalu ada saja yang menyenangi yoga dan menjadikannya olahraga rutin.

Yoga memberi Anda kekuatan, mendamaikan pikiran dan jiwa Anda, bagus untuk kesehatan mental, dan meningkatkan kelenturan tubuh.

Selain itu, yoga juga merupakan olahraga yang disarankan bagi penderita diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Yoga membakar lemak dan kalori, sehingga bagus untuk menjaga berat badan, serta meminimkan risiko Anda dalam terkena penyakit jantung.

5. Peregangan

Peregangan, alias stretching merupakan salah satu latihan yang akan selalu Anda lakukan sebelum memulai olahraga berat dan karenanya selalu populer.

Kadang, jika Anda sibuk, Anda cukup melakukan peregangan di pagi hari beserta push-up, sit-up, dan back-up untuk olahraga cepat.

Manfaat kesehatannya beragam, mulai dari membentuk tubuh proposional, meningkatkan kelenturan tubuh, serta meningkatkan sistem sirkulasi darah. Selain itu, melakukan peregangan secara rutin juga berkontribusi pada penurunan berat badan dan menekan stres.

6. Olahraga berkelompok

Olahraga berkelompok (Foto: Dok Republika)

Salah satu tren olahraga baru yang muncul di tahun 2018 adalah olahraga berkelompok, di mana Anda melakukan olahraga bersama 2 orang lain, atau lebih.

Manfaat kesehatan yang Anda dapat sebagian besar akan sama dengan latihan sendiri, seperti meningkatkan kekuatan tubuh, menjaga keseimbangan berat badan, membuat berbagai organ tubuh lebih sehat, dan membakar lemak.

Keuntungan tambahannya adalah, Anda meningkatkan kualitas hidup dan kemampuan bersosialisasi, serta memperbaiki mood dan menekan rasa stres. Intinya, olahraga grup juga bagus untuk kesehatan mental.

7. Aerobik

Aerobic

Olahraga yang populer di tahun 2018 terakhir, aerobik juga merupakan olahraga yang selalu populer sejak lama, berfokus pada gerakan yang membuat darah Anda terpompa dan otot-otot besar Anda bekerja keras.

Olahraga ini antara lain adalah renang, jogging, bersepeda, dan bermain bola. Sejak lama, aerobik dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, mencegah hipertensi, mengontrol gula darah, mengatasi gejala asma, serta membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari.

J.angan lupa, aerobik juga berkontribusi dalam penurunan berat badan dan peningkatan kemampuan sistem imun Anda.

Nah, itu dia 7 olahraga yang populer di tahun 2018 beserta manfaat kesehatannya. Selamat mencoba!