Google Umumkan Pembaruan Aplikasi Pencarinya

MONITOR – Google mengumumkan perombakan aplikasi pencari besutannya di smartphone, Rabu (19/7) untuk menyertakan tautan yang lebih spesifik tentang hobi, perjalanan, olahraga dan topik lainnya tentang seseorang.

Google, mesin pencari terbesar di dunia dibawah perusahaan Alphabet Inc (GOOGL.O) mengatakan perubahan tersebut mulai diluncurkan Rabu ini di Amrika Serikat, disusul negara-negara lain dalam beberapa pekan mendatang.

Perubahan baru ini disebut "Google Feed", sebuah nama yang mungkin mengingatkan kita dengan Facebook News Feed, fitur yang diadopsi Facebook, salah satu media sosial terbesar didunia untuk melihat aktifitas online dari keluarga, teman dan sumber lainnya.

Namun, pihak Google menyebutkan bahwa pembaruan ini sama sekali tidak bertujuan menduplikasi produk dari Facebook Inc, melainkan Google ingin membuat tempat lain untuk seseorang yang ingin melihat pembaruan atau pencarian yang relevan dengan pribadinya.

"Umpan ini benar-benar tentang minat anda. Ini bukan tentang apa yang diminati teman anda," kata Wakil Presiden Teknik Google Ben Gomes dalam sebuah wawancara, seperti dilansir Reuters, Rabu.

Tipe pembaruan yang diterima pengguna mungkin mencakup tautan ke situs web yang berisi informasi tentang tempat hiburan yang akan dikunjungi, atau tautan ke laman yang berisi konten tentang hobi yang anda minati.

Seperti diketahui, Facebook dan Google kini tengah berebut perhatian secara online dan eksistensi untuk pendapatan iklan. Menurut firma riset e-Marketer, dua perusahaan yang bermarkas di Sillicon Valley itu berharap mampu menyerap 50 persen iklan online pada 2018.

Google Feed akan memberikan tautan yang dihimpun berdasarkan riwayat pencarian serta sumber lain, seperti YouTube, Google Kalender dan Gmail.

Selain memasukkan Google Feed pada aplikasi selueler, Google juga akan menyertakannya pada beberapa bentuk peramban web.