Empat Hidangan Ini Bikin Kamu Gak Bisa Move-on Selama Lebaran Idul Adha

MONITOR, Jakarta – Hari raya Idul Adha atau biasa disebut lebaran kurban merupakan salah satu momen paling dinanti umat Muslim sedunia. Dalam momen suci ini, umat Muslim dituntut untuk menjalanan ibadah sosial, yaitu berkurban. Bagi yang mampu, mereka diperintahkan untuk berkurban baik berupa kambing, domba, sapi, kerbau ataupun unta.

Pastinya nih, beberapa hari kedepan kalian akan disuguhkan pemandangan spesial mulai dari proses penyembelihan hewan, pembagian daging hingga aktivitas mengolah daging bersama keluarga atau rekan-rekan sejawat.

Nah buat kalian pecinta daging, berikut ini kami sajikan empat rekomendasi olahan daging yang sangat nikmat dan lezat. Bahkan seminggu mencicipi daging pun, dijamin kalian gak bakal bosan. Check it out...

1. Gulai

Hampir di seluruh penjuru Nusantara telah mengenal masakan gulai, terutama daerah Sumatera, Jawa dan Semenanjung Malaya. Hidangan ini kaya rempah seperti kari, yaitu kuahnya yang berwarna kuning pekat. Kalau di wilayah Sumatera, biasanya kuahnya cukup kental, sedangkan di Jawa kuah gulai cenderung lebih cair seperti sup.

Biasanya berisi potongan daging dan jeroan kecil-kecil. Untuk menyantapnya, cukup disajikan dengan nasi putih yang masih hangat, dijamin rasanya nagih.

2. Sate

Siapa sih yang tak kenal jenis masakan satu ini? Tak hanya populer di Indonesia saja, sate rupanya banyak diminati masyarakat Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Resep dan cara pembuatan sate cukup beraneka ragam, tergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat olahan sate.

Untuk penyajiannya, sate biasanya diberi saus. Saus ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun dan cabai rawit. Sate bisa dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong atau ketupat.

 

3. Rendang

Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

Perlu kalian tahu, rendang pernah dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International tahun 2011 lalu loh. Saking lezatnya kan?

4. Tongseng

Namanya cukup unik kalau pertama kali dengar. Tapi rasanya tak kalah lezat loh. Tongseng merupakan masakan khas masyarakat Jawa Tengah, biasanya terdiri potongan-potongan daging kambing yang tebal dan empuk dengan disiram kuah bersantan serta aroma bumbu rempah yang kuat.

Kalau kita melancong ke Boyolali, Jawa Tengah, kita akan menjumpai banyak warung tongseng di sepanjang jalan. Daerah yang dipercaya menjadi tempat muasal tongseng ini bahkan memiliki patung sate tongseng di Kecamatan Klego sebagai bentuk kebanggaan masyarakatnya terhadap kuliner sedap satu ini.

Gimana rekomendasi masakannya? Sekian ya, semoga Kalian tertarik untuk segera mengolah daging diatas.