Dukung Kemerdekaan Katalan, Pique Tegaskan Komitmen Bela Timnas Spanyol

MONITOR, Madrid – Pemain bertahan Barcelona yang juga merupakan punggawa tim nasional Spanyol Gerald Pique tengah dalam sorotan dan kritikan tajam masyarakat dan pendukung tim matador. Pasalnya, Pique terang-terangan mendukung referendum Catalonia untuk memisahkan diri dari Spanyol. 

Atas sikap politiknya tersebut, Pique bahkan sempat mempertimbangkan meninggalkan tim nasional Spanyol menyusul hujan kritik terkait cara pandangnya atas referendum kemerdekaan Katalan. Dirinya juga menyatakan secara terbuka akan keluar dari timnas jika pelatih Julen Lopetegui atau rekan-rekan setimnya merasa tidak nyaman dengan keberadaannya.

Namun, keputusan lain kini diambil bek yang pernah memperkuat Manchester United itu. Pique memutuskan untuk tetap berkomitmen membela timnas Spanyol bersama rekan-rekan satu timnya.

"Saya mempertimbangkannya, namun pada akhirnya Anda harus mengevaluasi semua opsi dan setelah memikirkannya untuk kurun waktu yang lama, maka saya memutuskan untuk tidak pergi, sebab pergi saat ini berarti membiarkan orang-orang yang melecehkan saya menang," kata Pique pada konferensi pers yang dikutip Reuters. Rabu (4/10/2017).

"Saya percaya orang-orant yang mencemooh saya adalah minoritas dan saya tidak ingin memberi mereka kemewahan dengan berhenti. Saya memiliki semua kepercayaan diri bahwa ada banyak orang, termasuk di grup ini, yang ingin saya bertahan dan membantu tim memenangi pertandingan demi pertandingan." tambahnya.

Pelatih timnas Spanyol Lopetegui menyambut gembira keputusan Pique kembali komitmen memperkuat timnas Spanyol.

Dirinya mengatakan ini saatnya bagi tim untuk fokus pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Albania pada Jumat, di mana Spanyol berpeluang mengunci tiket mereka ke turnamen Piala Dunia 2018 tahun depan di Rusia. Lopetegui juga meminta para penggemar mendukung Pique.