Drama Basah GP Jepang, Dovizioso Pecundangi Marquez di Tikungan Terakhir

MONITOR – Balapan MotoGP seri ke-15 musim 2017 di Sirkuit Twain Ring Motegi Jepang, Minggu (15/10) berlangsung sengit, drama lintasan licin hingga duel sengit antara Pembalap Ducati Andrea Dovizioso dengan Marc Marquez dari tim Repsol Honda pun tersaji di lap-lap akhir. Hingga akhirnya Dovi tampil sebagai juara.

Meski lintasan saat itu basah karena hujan deras, kedua pembalap nampak tak segan-segan menyalip di tikungan dengan cekatan, lap-lap akhir pun kian menegangkan ketika menyisihkan Dovi dan Marquez di barisan terdepan dan saling bertukar posisi. Marquez yang menyalip Dovi sebelum tikungan terakhir harus tunduk lantaran agak melebar di tikungan terakhir, dengan aman Dovi tampil sebagai juara MotoGP seri ke-15.

Kemenangan tersebut sekaligus membuat Pembalap asal Italia itu sebagai yang tercepat di GP Jepang dengan catatan waktu 47 menit 14,236 detik. Torehan tersebut juga memperpendek jarak raihan poin Dovisioso di posisi kedua dengan Marc Marquez yang berada di puncak klasemen, yakni 11 poin dengan tiga balapan yang tersisah, yakni di Philip Islan Australia, Sepang Malaysia dan Ricardo Tommo Valencia.

Posisi ketiga balapan tersebut diraih oleh Pembalap Pramac Racing, Danilo Petruci dengan selisih waktu 10,5 detik dari Dovisiozo. Disusul duo Suzuki Iannone dan Alex Rins yang terpaut 18,8 detik dan 22,9 detik dari posisi terdepan.

Dengan tersisah tiga balapan, pembalap senior Yamaha Valentino Rossi harus mendekam di peringkat ke lima klasemen lantaran terjatuh di tikungan ke delapan pada balapan kali ini, artinya ia kini bertahan dengan 168 poin, terpaut jauh dengan Marc Marquez yang telah mengumpulkan 244 poin dan memuncaki klasemen.