Deteksi Ciri-ciri Pengguna Aktif Narkoba

MONITOR – Peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang kian merajalela. Terbukti, di penghujung akhir tahun 2017 hingga mengawali tahun baru 2018 sejumlah artis tanah air terciduk dalam aktifitas haram ini. Beberapa minggu terakhir, media ramai memberitakan penangkapan artis dan publik figur terkait kasus narkoba.

Narkoba memang berbahaya. Namun aktifitas terlarang ini bisa dihindari dengan pandai-pandai menentukan pergaulan agar tidak terjebak dalam lingkaran itu. Sebab, jika kalian bergaul dengan orang-orang yang notabene pengguna aktif narkoba, maka tak mustahil kalian akan mengikutinya.

Untuk menghindari pergaulan yang salah, kita harus pandai pula mengidentifikasi para pengguna aktif narkoba, agar kita bisa berhati-hati. Berikut ini ciri-cirinya.

Pertama, suasana hati tak beraturan

Pakar kesehatan menyebutkan, salah satu ciri-ciri yang paling mudah diketahui dari pecandu narkoba adalah suasana hatinya yang sangat mudah berubah-ubah. Bisa jadi dalam suatu waktu, Ia merasa sangat senang namun dalam waktu sekejap, emosinya berubah menjadi sangat buruk. Perubahan suasana hati dipengaruhi oleh efek narkoba yang ada dalam tubuhnya.

Kedua, depresi berlebihan dan euphoria

Mereka yang baru saja menggunakan narkoba bisa saja mengalami euphoria, sensasi bahagia yang berlebihan untuk hal-hal yang sebenarnya biasa saja atau tidak masuk akal. Selain itu, pengguna narkoba juga ada yang cenderung mengalami depresi sebagai efek penggunaan narkoba dan baru merasa senang setelah menggunakan obat terlarang ini. 

Ketiga, penampilan berubah

Cukup banyak pengguna narkoba yang mengalami perubahan fisik layaknya menjadi lebih kurus, sulit untuk fokus, hidung yang terasa terus gatal, atau muka yang terlihat tirus. Bagi pengguna ganja, sebagian bahkan bisa menjadi lebih gemuk.

Keempat, sering bertindak kriminal

Bagi mereka yang sudah menjadi pecandu narkoba namun tak lagi punya uang untuk mendapatkannya, bisa jadi mereka menjadi lebih kasar dan melakukan tindakan kriminal seperti memaksa orang lain memberikan uang atau bahkan mencuri dan tindakan melawan hukum lainnya.