Cegah Rasa Kantuk Setelah Sahur, Ini Dia Tipsnya

MONITOR – Disaat bulan Ramadhan, tentu setiap harinya Anda harus bangun tidur lebih awal demi makan sahur. Namun, seringkali rasa kantuk menyerang setelah sahur selesai. Mengapa hal ini terjadi?

Usut punya usut, rasa kantuk menyerang Anda setelah makan karena aliran darah yang dimaksudkan menuju ke otak justru dialihkan untuk membantu jalannya pencernaan makanan.

Tak hanya itu, di waktu sahur, tubuh Anda juga masih memproduksi hormon melatonin yang membantu Anda untuk tidur di malam hari. Lalu, apa yang harus dilakukan agar hal ini tidak bertambah parah?

Dikutip dari laman Go-DOK, Berikut ini cara mencegah rasa kantuk setelah sahur yang bisa Anda praktikkan

1. Makan secukupnya

Makanlah dalam porsi yang sewajarnya dan berhentilah sebelum Anda benar-benar kenyang. Jika begini, dijamin setelah sahur, Anda akan tetap merasa segar.

2. Makan dengan perlahan

Suatu penelitian terbaru membuktikan bahwa mereka yang makan dengan perlahan cenderung lebih cepat kenyang.

Hal ini akan membuat Anda kekenyangan, karena makan lebih banyak dari yang dianjurkan, pada akhirnya memicu rasa ngantuk di akhir waktu sahur.

Tentu Anda tidak mau ini terjadi, kan? Karenanya, yuk praktikan salah satu cara mencegah kantuk setelah sahur ini.

3. Cuci muka sebelum sahur

Cara mencegah kantuk setelah sahur lainnya adalah dengan cuci muka sebelum sahur.

Terkadang, jika telat bangun sahur dan waktu yang tersisa sangat mepet, Anda cenderung malas untuk mencuci muka sebelum sahur. Padahal, cuci muka penting agar Anda terhindar dari kantuk setelah makan sahur, karena membuat mata dan wajah Anda lebih segar.

4. Lakukan peregangan

Salah satu cara mencegah rasa kantuk setelah sahur adalah dengan melakukan olahraga kecil.

Tentu Anda tak perlu benar-benar berolahraga, sebab hanya akan membuat Anda cepat lelah dan haus.

Anda cukup melakukan peregangan guna membantu peredaran darah ke seluruh tubuh, pada titik-titik tertentu seperti ujung-ujung kaki dan tangan.

5. Mengonsumsi sedikit makanan pedas

Selanjutnya, cara mencegah kantuk setelah sahur adalah dengan mengonsumsi sedikit makanan pedas.

Memang, makanan pedas berguna untuk membuat Anda tetap terbuka saat sahur dan setelahnya.

Pasalnya, cabai memiliki khasiat memperlancar sirkulasi darah yang dapat membantu Anda tetap terjaga. Namun, harus diingat pula bahwa makanan ini dapat mengganaggu kesehatan selama puasa jika dikonsumsi berlebihan.

6. Banyak minum air putih

Beberapa orang mengatakan bahwa meminum segelas air putih sebenarnya lebih efektif dalam mencegah kantuk dibandingkan meminum secangkir kopi.

Sebab, air putih dapat menghidrasi tubuh, mencukupkan kebutuhan airnya, sehingga rasa kantuk dapat mereda sesaat setelah mengonsumsinya. Tak hanya itu, rasa segar yang dihasilkannya pada tubuh juga bisa membantu Anda selalu terjaga.

7. Lakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi

Terakhir, cara mencegah rasa kantuk setelah sahur dengan mengisi jeda antara waktu sehabis sahur dan waktu bersiap kerja dengan memusatkan pikiran Anda pada suatu kegiatan.

Konsentrasi tinggi pada suatu permainan misalnya, dapat membuat otak Anda lebih sibuk sehingga tidak mendatangkan rasa kantuk.

Cobalah beberapa permainan yang dapat dilakukan bersama, seperti catur, scrabble, kartu remi, atau monopoli. Asyik, kan?

Nah, itu tadi 7 cara mencegah rasa kantuk setelah sahur yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!