Cara Tetap Sehat untuk Anak Kos, Yuk Praktikkan!

Pola hidup sehat yang bisa Anda praktikkan ketika jauh dari orang tua diawali dengan mengatur pola makan sehari-hari, penuhi asupan cairan, rutin berolahraga hingga hindari kebiasaan buruk seperti begadang dan merokok.

MONITOR, Jakarta- Tak sedikit dari Anda yang harus menjalani hidup jauh dari keluarga dan orangtua atau dikenal dengan anak kos demi menempuh pendidikan tinggi yang paling baik. Menjadi mahasiswa, tentu tak hanya diisi oleh hari-hari yang menyenangkan. Ada setumpuk tugas, segudang jadwal belajar, dan banyak aktivitas luar kelas serta organisasi mahasiswa yang juga Anda ikuti sesuai minat dan bakat. Bahkan, tak jarang Anda juga terpaksa mengambil kerja paruh-waktu untuk menambah uang jajan. Jika begitu, siapa sih yang bisa tetap fokus menjaga kesehatan? Apalagi saat Anda jauh dari orangtua yang biasa mengurus seluruh kebutuhan dasar.

Nah, karena itu, ada baiknya Anda menyimak beberapa cara tetap sehat untuk anak kos berikut ini!

1. Atur pola makan

Cara tetap sehat untuk anak kos yang pertama adalah dengan tetap makan teratur sesuai waktunya. Kebanyakan mahasiswa, saking sibuknya, tak lagi peduli pada waktu, menu, serta pola makan yang tepat. Hasilnya, penyakit maag dan gangguan pencernaan pun rentan menghinggapi tubuh. Nah, karena itu Anda harus tetap berusaha makan sesuai jadwal, setidaknya saat makan siang dan makan malam. Hindari makan besar satu kali sehari dalam jumlah banyak. Sebaliknya, bagilah waktu sarapan, makan siang, dan makan malam dalam porsi secukupnya, agar sistem pencernaan tak terlalu terbebani. Selain itu, jangan asal makan dan ingatlah untuk memenuhi kebutuhan protein dan karbohidrat setiap harinya.

2. Penuhi asupan cairan setiap hari

Cara tetap sehat untuk anak kos yang kedua adalah jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Memang, minuman yang tersedia di kampus selalu menggiurkan. Kasarnya, siapa sih yang bisa menolak segelas es teh dengan harga murah di kantin kampus? Tentu hal ini bisa jadi seberat rindu yang diungkapkan Dilan pada 1990. Namun ingatlah, meminum air putih juga penting untuk kesehatan. Karenanya, jangan lupa untuk selalu membawa sebotol air putih atau selalu menyediakan segalon air putih di kamar kos setiap bulannya.

3. Jangan lupa mengonsumsi vitamin

Salah satu yang sering dilupakan anak kos adalah kebutuhan tubuh akan vitamin A, B, C, D, hingga E. Kebiasaan ini membuat banyak mahasiswa menurun tingkat kesehatannya, setelah berpisah dengan orangtua selama 1 -2 tahun. Baik itu kesehatan tulang, kesehatan mata, hingga kesehatan kulit. Karena itu, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin, baik dalam bentuk suplemen, tablet, maupun cairan bervitamin setiap harinya. Jika terlalu berat, Anda bisa pula mengonsumsi jus atau buah setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

4. Rutinlah berolahraga

Cara tetap sehat untuk anak kos yang selanjutnya adalah berolahraga secara rutin. Tidak perlu berolahraga berat, lho! Anda cukup memastikan tubuh Anda mendapat peregangan otot yang dibutuhkan setiap harinya. Hal ini bisa dicapai dengan melakukan yoga, pemanasan ringan, atau senam. Anda juga tak butuh waktu lebih lama dari 15 menit untuk melakukannya. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuat jadwal jogging agar tubuh Anda terhindar dari kebuncitan yang mengurangi pesona kedewasaan seorang mahasiswa.

5. Hindari kebiasaan buruk sebisa mungkin

Tentu kehidupan anak kos cuma mahasiswa rantau tidak akan jauh dari kebiasaan buruk yang biasa dijumpai pada anak-anak muda di awal umur 20-an. Sebut saja minum-minum, ngopi, begadang, dan merokok. Terkadang, hal ini memang tak bisa dihindari. Namun Anda bisa membuat batasan pada kebiasaan ini, dengan tidak melakukannya secara berlebihan. Ingat, kebiasaan-kebiasaan di atas justru dapat mengundang penyakit yang mengganggu pendidikan dan aktivitas kemahasiswaan Anda. Apalagi jika tidak diiringi dengan pola makan dan olahraga yang pantas. Mengerikan, bukan?

Nah, itu dia 5 cara tetap sehat untuk anak kos yang bisa Anda terapkan dari sekarang. Semoga bermanfaat, ya!