Cara Sederhana Agar Perjalanan Mudik Menyenangkan

Ilustrasi Mudik

MONITOR – Musim puncak arus mudik beberapa hari lagi segera tiba, bahkan saat ini sudah ada beberapa masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. Memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, setiap lebaran Idul Fitri.

Mereka yang menjadi perantauan di kota besar mulai berbondong-bondong kembali ke kampung halaman. Tujuannya untuk berkumpul kembali dengan orang tua, ataupun sanak saudara di hari Lebaran.

Maka dari itu, beberapa bulan sebelum lebaran, biasanya mereka yang menggunakan transportasi kereta api, sudah mulai berebut tiket perjalanan baik pergi atau pulang.

Meski mudik merupakan hal yang menyenangkan, tetapi tetap ada saja hal-hal yang kurang berkenan di hati yang membuat perjalanannya terasa sedikit membosankan. Misalnya saja seperti kemacetan yang parah, yang membuat perjalanan mudik menjadi lebih lama.

Daripada belum sampai kampung halaman tapi sudah ‘badmood’ karena bosan, Anda bisa mencoba tips hilangkan kebosanan agar perjalanan mudik terasa menyenangkan, berikut ini.

1. Pilih Waktu Mudik yang Tepat

Untuk menghindari kepadatan di perjalanan, agar tidak terjebak kemacetan parah yang dapat membuat perjalanan mudik terasa menyenangkan menjadi hilang seketika. Anda bisa memilih waktu tertentu untuk berangkat ataupun pulang.

 

Hindari waktu-waktu puncak arus mudik jika memungkinkan. Berangkatlah sebelum yang lainnya mulai berangkat dan pulanglah sebelum atau sesudah yang lain pulang. Namun, hal ini mungkin sulit dilakukan terutama bagi Anda yang memiliki waktu cuti yang terbatas.

2. Manfaatkan Waktu untuk Stretching saat Berada di Rest Area

Duduk dalam waktu yang lama, menyebabkan pinggang atau kaki terasa pegal sehingga tubuh pun terasa lelah dan kurang fit. Saat mampir ke rest area, jangan malas untuk stretching untuk meregangkan otot-otot yang kaku saat di perjalanan agar tubuh menjadi segar dan semangat kembali.

3. Bawa Koleksi Video atau Film

Selama di perjalanan, tentu akan terasa sangat membosankan apabila tidak ada hal yang dilakukan. Terlebih saat terjadi kemacetan parah. Yang bisa dilihat hanya deretan mobil atau motor saja yang menunggu antrian untuk jalan.

Menonton video atau film yang disukai mungkin bisa membantu. Dan membuat perjalanan mudik terasa menyenangkan dan membantu mengusir kebosanan. Maka dari itu, sebelum mudik isi gadget Anda dengan koleksi video atau film yang disukai. A

pabila memori gadget Anda tidak memadai, asal punya kuota yang banyak dan jaringan yang bagus, Anda bisa menonton video dari Youtube atau situs serupa lainnya.

4. Update Terus Momen Selama Perjalanan di Social Media

Update status, foto, atau video yang kamu alami dan rasakan selama perjalanan mudik, juga bisa jadi alternatif untuk menghilangkan rasa bosan. Terlebih, jika ada temanmu yang juga membagikan hal yang sama, tentu dapat saling berbagi pengalaman dan chating bareng.

5. Abadikan Momen Mudik dengan Ponsel atau Kamera

Selfie, narsis bareng, atau mengambil gambar yang unik selama di perjalanan, secara tidak langsung dapat membantu menghilangkan rasa bosan. Lebih asyik lagi jika sekeluarga atau di dalam satu mobil mau diajak narsis bersama dan seru-seruan bareng, sehingga perjalanan mudik terasa menyenangkan.

Nah, itu dia tips atasi kebosanan yang mungkin terjadi selama perjalanan mudik, agar perjalanan mudik semakin menyenangkan, semoga bermanfaat ya!