Cara Mudah Merelaksasi Mata

MONITOR, Jakarta – Mata termaksud indra terpenting yang dipunyai setiap makhluk hidup di dunia. Fungsi dari mata sendiri merupakan indra penglihatan bagi setiap makhluk hidup di dunia oleh sebab itu kita perlu menjaga kesehatan dan kebugaran mata.

Mata yang lelah setelah seharian beraktifitas sebaiknya di Istirahatkan atau bisa dengan cara merelaksasikan mata, dikutip dari halomata, apabila tidak diatasi, keadaan mata  lelah akan memicu terjadinya gangguan penglihatan seperti terjadinya penyakit mata hipermetropi, penyakit mata astigmatisma, dan lain sebagainya yang akhirnya akan mengganggu produktivitas. Berikut ini adalah beberapa cara merilekskan mata untuk mengatasi mata lelah yang dapat dicoba.

1.  Mengompres Mata

Hasil gambar untuk mengompres mata

Cara ini adalah cara yang paling sederhana dan ampuh untuk membuat mata terasa nyaman. Gunakan handuk kecil atau tisu dan air dingin, kemudian kompreskan pada mata selama beberapa menit. Selain membuat mata segar dan rileks, hal ini juga akan membuat mata bersih dari debu.

2. Gunakan Sendok Dingin

Gambar terkait

Sendok dingin bisa menjadi alat yang ampuh untuk menghilangkan pegal-pegal dari mata . Bagaimana caranya? Ambillah dua buah sendok dan masukan ke freezer. Setelah dirasa cukup dingin, tempelkan sendok tersebut ke kedua mata. Setelah beberapa saat, akan terasa sensasi kesegaran dan otot-otot mata akan menjadi kendur.

3. Air Mawar

Gambar terkait

Selain susu murni, air mawar juga memiliki banyak manfaat untuk mengatasi mata lelah. Bahan alami ini terutama sangat digemari wanita karena terbukti berkhasiat untuk merawat kulit. Sifat penenang alami yang terdapat pada air mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi mata lelah dan memudarkan lingkaran hitam pada mata. Cara merilekskan mata dengan air mawar pun juga cukup mudah.

 4. Menggunakan Mentimun

Hasil gambar untuk mengompres mata pakai mentimun

Memanfaatkan mentimun untuk melakukan perawatan wajah sudah merupakan hal yang lumrah. Mentimun sudah terbukti ampuh untuk membuat mata terasa lebih segar. Siapkan dua irisan tipis mentimun. Kemudian, letakan kedua iris tersebut di mata. Cobalah untuk bersantai dan menikmati sensasi segar dari mentimun selama beberapa menit. Selain menyegarkan mata, mentimun juga dapat mengurangi bengkak atau kantong mata.

5. Memakai Susu Murni

Hasil gambar untuk susu murni

Tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi susu murni juga ternyata mampu mengatasi mata lelah. Caranya, celupkan kapas ke dalam susu murni dingin. Kemudian, usap-usapkanlah pada sekitar mata, termasuk kelopak mata. Setelah itu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih agar tidak lengket. Kandungan lemak dalam susu murni berkhasiat untuk membuat rileks serta mengurangi risiko iritasi mata. Lakukan ritual ini sekali setiap hari secara rutin agar terhindar dari mata lelah.

6. Kentang

Gambar terkait

Selain mentimun atau irisan lemon, kentang juga dapat digunakan untuk mengobati mata lelah, bahkan bengkak. Bukan hanya sebagai bahan pangan, kentang juga bermanfaat untuk merawat mata. Caranya, tempatkanlah kentang di kulkas hingga dingin, kemudian keluarkan dan parutlah. Kemudian, bungkuslah parutan kentang tersebut dengan menggunakan kain tipis (pastikan kain tersebut dalam keadaan bersih). Setelah itu, pakailah untuk mengompres mata yang lelah. Lakukan metode ini secara rutin selama beberapa hari, maka bengkak pada mata akan hilang.

7. Memanfaatkan Kantong Teh

Gambar terkait

Selain sebagai minuman, teh juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi mata lelah. Pertama, seduhlah dua kantong teh ke dalam rebusan air. Ketika sudah mendidih, angkat kedua kantong teh tersebut lalu diamkan sampai dingin. Setelah kantong teh dingin, taruh di mata Anda seperti saat sedang mengompres. Kandungan teh dapat membuat mata lelah sirna.