Bawa Payung sampai Perlengkapan Shalat, Cara Warga DKI Nikmati Gerhana Bulan

MONITOR, Jakarta- Warga Ibu Kota rupanya cukup antusias menyaksikan fenomena Super Blue Blood Moon di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Ya, Taman Impian Jaya Ancol memang menjadi salah satu destinasi wisata yang mengajak para pengunjungnya untuk bersama-sama menyaksikan fenomena langka tersebut dari tepi pantai.

Sejumlah warga Jakarta yang mendatangi Ancol pun telah menyiapkan alat salat, makanan dan teropong. Salah satu warga yang nampak cukup antusias, Salimah (35), seorang karyawati swasta itu sengaja menyempatkan waktunya untuk melihat fenomena langka tersebut, ia pun juga datang bersama anak beserta suaminya.

"Kapan lagi kaya gini, sekalian nyenengin anak. Tadinya saya ke Planetarium dan Monas, tapi kayaknya penuh makanya ke sini," kata Salimah di Ancol, Rabu (31/1).

Tidak hanya ingin menyaksikan gerhana bulan menggunakan teropong, Salimah juga telah menyiapkan peralatan untuk salat gerhana serta makanan supaya tidak lapar. Ia juga membawa payung agar tidak kehujanan jika nanti hujan.

Salimah beserta kedua anaknya juga terlihat senang menanggapi fenoma tersebut.
Menurutnya, peristiwa alam tersebut harus disyukuri dan diambil hikmah dari kejadian yang ada.

Peristiwa ini sangat langka mengingat hanya terjadi dalam siklus 150 tahunan. Aspek langka tersebut terjadi karena berlangsung tiga peristiwa alam secara bersamaan, mulai dari Supermoon, Blue Moon, dan Gerhana Bulan Total. Gabungan peristiwa itu yang membuatnya dinamakan Super Blue Blood Moon atau gerhana bulan biru kemerahan. Pada saat itu bulan akan berada pada titik terdekat dengan bumi (perigee).