Barang Antik yang Paling di Cari Kolektor, Harganya Ada yang Sampai Triliunan

MONITOR Jakarta – Menjadi seorang kolektor adalah hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Keberadaan barang antik justru banyak dicari sebagian kalangan. Ada banyak jenis barang antik yang paling dicari kolektor untuk sekedar hobi. Bagi seorang kolektor sejati, barang antik adalah segalanya. Maka tak heran jika para kolektor rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatkan satu barang antik saja. Terlebih lagi, ada barang antik yang hanya ada satu di dunia dan hanya bisa dimiliki oleh orang tertentu.

Selain karena hobi, orang memilih untuk mengkoleksi barang antik umumnya bersifat investasi. Sewaktu-waktu barang antik tersebut bisa dijual atau apabila semakin lama disimpan, maka harganya pun akan semakin tinggi dan semakin banyak di cari orang. Untuk mengetahui apa saja barang antik yang paling dicari saat ini, berikut kumpulan gambarnya di bawah ini.

1. Sepeda Onthel Gazelle

jangan heran kalau anda sering melihat orang-orang tua di pedesaan yang memakai sepeda ini, namun jangan tanyakan kondisi aslinya, pasti sudah sangat lusuh dan bahkan berkarat. Untuk itulah banyak orang yang berani membeli dengan harga menggiurkan bagi petani kemudian dirawat dengan baik dan dibersihkan hingga terlihat seperti baru, setelah itu baru dijual kembali dengan harga mencapai puluhan juta. Semakin antik dan seri jarang seperti Gazelle seri 10 dan Gazelle seri 11 maka akan semakin mahal.

2. Uang Kertas Rp100 Keluaran Tahun 1948

Di pasar uang kuno, lembar Rp100 terbitan tahun 1948 bergambar Pak Karno bisa laku Rp100 juta. Bahkan kalau kondisinya cukup mulus, harganya bisa satu setengah kali lipat. Alasan kenapa uang ini begitu mahal tak lain adalah karena telah menjadi saksi zaman pasca perjuangan. Uang jenis ini sangat langka dan di pasaran sangat susah ditemui.

3. Album Vinly The Quarrymen

The Quarrymen, mereka adalah band bentukan John Lennon ketika SMA pada tahun 1956. Tidak lama setelah itu, Paul McCartney dan George Harrison bergabung. Kemudian John Lennon merubah nama band menjadi The Beatles setelah mendapatkan ilham dibalik sebuah pie. Album vinyl The Quarrymen yang dibuat pada tahun 1958, berisi dua lagu "That’ll Be The Day/In Spite of All The Danger" ini laku 170 juta rupiah pada tahun 2010.

4. Prangko Wereld Jamboree

Perangko ini diterbitkan pada tahun 1864 dan memiliki cap pos Ngawi, Jawa Timur, Indonesia. Wereld Jamboree adalah salah satu perangko yang popular di dunia. Perangko kuno era Hindia Belanda ini bernilai Rp.20 milliar karena sangat langka, kata Direktur Utama PT. Pos Indonesia, I Ketut Mardjana, hal ini disampaikan saat pembukaan pameran Filateli Dunia tahun 2012 di JCC, Jakarta.

5. Kamera Susse Freres Daguerreotype

Kamera Susse Freres Daguerreotype adalah kamera yang paling mahal di dunia. Kamera ini berusia hampir 173 tahun, Walaupun kepemilikan kamera ini secara pribadi. Kamera ini adalah contoh kamera langka dari metode Daguerreotype yang memiliki fitur seperti cap litograf oval yang ditandatangani oleh Louis Jacques Mandé Daguerre. Kamera ini sedang di pamerkan di WestLicht Wina Austria. Harga kamera ini sekitar 978.000 USD atau sekitar 1,17 triliun.