Bangkit, Nokia Hadirkan 4 Smartphone Android Terbaru

MONITOR Jakarta – Persaingan di pasar gadget khususnya smartphone memang terbilang sengit. Salah satu merk smartphone yang nyaris tidak bisa menghadapi badai persaingan adalah Nokia. Pada tahun 2014, merk smartphone besutan FInlandia tersebut dikabarkan mengalami kejatuhan dan dibeli oleh Microsoft.

HMD Global Oy (HMD) yang merupakan pemegang lisensi eksklusif merk Nokia untuk ponsel dan tablet, merilis sejumlah produk yang membuat Nokia kembali bangkit menggeliat di pasar smartphone.

HMD merilis empat smartphone berbasis sistem operasi (OS) Android yang diumumkan dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona pada Februari 2017. Keempat smartphone tersebut, yaitu  Nokia 3, 5, 6 dan 8 telah dipasarkan di beberapa negara.

Berikut adalah keempat smartphone Nokia tersebut:

1. Nokia 3

Nokia 3 tersedia dalam 4 warna, yaitu Silver White, Matte Black, Tempered Blue, dan Copper White. Berbekal layar 5 inci, RAM 2GB, memori internal 16GB, kapasitas daya baterai 2630 mAh, dan kamera utama serta depan dengan resolusi yang sama yaitu 8MP, Nokia 3 menjadi pemilik spesifikasi terendah dibanding Nokia 5, 6, dan 8.

2. Nokia 5

Berbekal RAM dan memori internal yang sama dengan Nokia 3, Nokia 5 memiliki layar sedikit lebih besar dari Nokia 3 yaitu 5,2 inci dan juga kamera utama dan kamera depan lebih tinggi 13MP dan 8MP, serta daya baterai lebih besar 3.000mAh. Nokia 5 juga tersedia dalam empat warna, Tempered Blue, Silver, Matte Black, dan Copper.

3. Nokia 6

Nokia 6 memiliki 4 varian warna yaitu Arte Black, Matte Black, Tempered Blue, Silver, dan Copper dengan berukuran 5,5 inci. Nokia 6 tersedia dalam dua tipe. Tipe pertama RAM 3GB dan memori internal 32GB serta RAM 4GB dan memori internal 64GB. Nokia 6 dibekali kamera utama 16MP dengan dual tone flash. Sementara kamera depannya 8MP dengan fitur autofokus dan wide-angle.

4. Nokia 8

Memiliki layar lebih kecil dari Nokia 6 yaitu 5,3 inci, Nokia 6 dibekali dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB yang dapat diperbesar dengan microSD. Nokia 8 memiliki dual kamera belakang dengan resolusi 13MP yang masing-masing berfungsi untuk menangkap gambar berwarna dan hitam-putih, serta kamera depan 13MP. Kedua kameranya menggunakan lensa Zeiss. Smartphone yang dibanderol sekitar Rp 9,3 juta ini rencananya mulai dipasarkan bulan depan. Ada empat pilihan warna yang tersedia yaitu Polished Blue, Polished Copper, Tempered Blue, and Steel.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia