Agar Sahur Tidak Kesiangan, Berikut Tipsnya

Monitor, Jakarta – Makan sahur merupakan hal yang sangat dianjurkan saat berpuasa, bahkan Rasulullah SAW bersabda terkait keberkahan sahur

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

Meskipun dalam sahur itu terdapat keberkahan, mungkin masih ada diantara kita yang sulit untuk bangun sahur, atau sudah ingin sahur tapi kesiangan.
Berikut ini 5 tips yang dilansir dari muslimahdaily, bisa kamu praktikkan agar tidak kesiangan bangun sahur:

1. Niat
Segala sesuatu itu memang harus diawali dengan niat, agar berjalan dengan baik. Niatkan dalam hati untuk bangun sahur pada pukul sekian, InsyaAllah ketika waktu sahur tiba kamu akan terbangun.

2. Pasang alarm
Setel alarm dengan nada dering yang cukup keras agar mampu mengganggu ketenangan tidur kamu. Oh iya, kalau bisa alarmnya ditaruh di tempat yang cukup jauh dari jangkauan tangan kamu.

3. Minta bantuan orang lain
Pasang alarm ngga cukup? Kalau begitu mintalah bantuan dari orang di rumah. Sampaikan ke mereka untuk bangunkan kamu saat waktu sahur tiba. "Aku tinggalnya sendirian, gimana dong?" Hm… Jika masalah kamu seperti ini maka mintalah teman atau orang terdekat untuk membangunkanmu via telepon.

4. Segera bangun dari tempat tidur
Kalau sudah bangun segeralah bangkit dari tempat tidur, dan cuci muka agar kamu lebih segar, kamu juga bisa mengambil wudhu dan sholat tahajud/mambaca qur’an sambil menunggu sahur

5. Tidur lebih awal
Supaya kamu tidak kesiangan saat bangun sahur, lebih baik tidur lebih awal dari jam tidur yang biasanya. Dengan begitu, ketika waktu sahur tiba, kamu akan bangun dengan mudah tanpa kesiangan.

Selamat mencoba, semoga sahur nanti tidak kesiangan lagi ya, dan puasa kita mendapat keberkahan dari Allah SWT.