7 Tips Puasa Bagi Lansia agar Tetap Bugar dan Sehat

Ilustrasi Lansia (Sumber: Go-Dok.com)

MONITOR – Bagi Anda para Muslim lansia yang masih ingin tetap berpuasa, ketahuilah ibadah ini dapat berdampak baik bagi tubuh Anda. Meski begitu, ada beberapa aturan dan tips yang harus Anda penuhi. Nah, apa sajakah tips menjalankan puasa bagi lansia?

1. Konsumsi cukup air putih

Tips puasa bagi lansia pertama adalah menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Baik saat Anda makan sahur atau berbuka puasa, jangan lupa untuk mengonsumsi cukup cairan guna menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Seiring dengan bertambahnya usia Anda, tentu Anda memperhatikan bahwa Anda tidak lagi sesigap dahulu dalam menyadari rasa haus. Karenanya, meski Anda merasa haus atau tidak, tubuh Anda tetap membutuhkan cairan dan Anda harus memberi tubuh asupan tersebut.

Anda bisa mendapatkannya dari air putih, makanan yang kaya cairan (tomat, semangka, mentimun, dan buah-buahan lain), serta sup.

2. Jangan terlalu banyak mengonsumsi kalori

Seiring bertambahnya usia Anda, lansia tidak membutuhkan kalori sebanyak mereka yang masih muda dan remaja. Pasalnya, di usia lanjut, metabolisme tubuh Anda akan melambat dan menambah rasa lapar justru akan memperlambat metabolisme Anda lebih lagi.

3. Hindari berbuka puasa dengan makan berat

Tips puasa bagi lansia yang ketiga hindari berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan berat. Alih-alih, berbukalah dengan makanan ringan yang sehat, seperti kurma dan buah-buahan lainnya.

Pasalnya, setelah perut Anda kosong seharian, sistem pencernaan yang lambat pada lansia memerlukan waktu lebih lama untuk perlahan menemukan ritmenya kembali.

Jadi, mulailah dengan makanan ringan, sebelum mengonsumsi makanan berat berupa nasi dan lauk pauknya. Hindari pula berbuka dengan minuman yang mengandung gula berlebih, khususnya jika Anda sudah menderita diabetes.

4. Konsumsi lebih banyak protein

Saat berusia 50 tahun ke atas, beberapa orang menjadi lebih rentan kehilangan massa otot-ototnya. Karena itu, pastikan menu diet Anda memasukkan sekitar 1 gram protein untuk setiap kilogram berat badan Anda.

Jika Anda memiliki berat badan 50 kg, berarti setidaknya Anda akan membutuhkan sekitar 50 gr protein setiap harinya. Selain itu, protein juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Anda bisa menemukan protein pada telur, daging ayam, daging ikan salmon, dan daging sapi pemakan rumput.

5. Lakukan olahraga ringan

Tips puasa bagi lansia selanjutnya dengan menjalankan olahraga ringan di hari-hari bulan Ramadhan. Hal ini dapat membantu dalam melenturkan sendi-sendi dan meregangkan tubuh Anda. Hal ini juga membantu Anda tetap bugar selama menjalankan puasa.

Lakukan peregangan atau olahraga ringan, dan hindari porsi olahraga yang terlalu berat, ya! Pikirkan tulang-tulang Anda yang sudah mulai merapuh.

6. Tidur cukup

Lansia memerlukan porsi tidur dan beristirahat yang lebih banyak dibandingkan mereka yang masih muda dan remaja. Karena itu, penting bagi Anda para lansia untuk mendapatkan tidur cukup dan berkualitas, setidaknya 8 – 9 jam dalam sehari.

7. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter Anda
Tips puasa bagi lansia terakhir adalah dengan tetap rutin berkonsultasi dengan dokter Anda. Sebagai lansia, biasanya Anda akan menderita beberapa penyakit yang berhubungan dengan berkurangnya kemampuan sistem dan kekuatan tubuh, seperti rematik, diabetes, asam urat, hipertensi, dan lain-lain.

Untuk mengatasi hal-hal ini, siapa yang tahu lebih baik dari dokter Anda? Karenanya, patuhi aturan dokter selama berpuasa demi menaga kesehatan, ya!

Nah, itu dia 7 tips puasa bagi lansia yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat ya!