7 Destinasi Wisata yang Dapat Anda Kunjungi Saat Bulan Puasa

MONITOR – Di bulan puasa, kita harus menjaga kesehatan tubuh dan pikiran agar kita mampu berpuasa selama sebulan penuh. Salah satu cara menjaga agar tubuh dan pikiran tidak stres adalah dengan berwisata.

Tak perlu berwisata ke luar negeri, karena Anda bisa menuju beberapa tempat wisata dalam negeri saat bulan puasa ini.

Namun, bila Anda memiliki budget atau tabungan yang lebih, maka tak ada salahnya Anda melakukan weekend getaway ke luar negeri saat bulan Ramadhan.

Berikut ini adalah rekomendasi tujuan wisata saat bulan puasa.

1. Perpustakaan

Di zaman modern ini, tak banyak orang yang mau berkunjung ke perpustakaan di wilayah setempatnya. Pasalnya, banyak yang menganggap bahwa buku-buku di perpustakaan terlalu ketinggalan zaman. Cobalah untuk berwisata ke perpusatakaan saat bulan puasa. Karena destinasi wisata yang satu ini tidak akan menguras tenaga Anda saat sedang berpuasa.

2. Museum

Tujuan wisata saat bulan puasa selanjutnya adalah museum. Di tempat ini, kita bisa mengenal segala macam benda bersejarah. Di Indonesia sendiri begitu banyak museum-museum unik. Beberapa rekomendasi museum unik yang patut dikunjungi saat bulan Ramadhan adalah Musem geologi di Bandung yang memiliki fosil gajah purba.

3. Taman Kota
Berencana untuk berlibur ke luar kota, tetapi budget Anda sedang sangat terbatas? Mengapa tak berwisata di taman kota saja. Carilah taman kota dengan pepohonan yang rindang agar Anda bisa bersantai di sana.

Wisata di taman kota ini tentunya tidak dipungut biaya sama sekali. Apalagi saat sedang berpuasa Anda tidak perlu membeli minuman atau makanan, sehingga wisata kali ini jadi terasa sangat hemat.

Duduk santai di bawah pohon rindang atau di kursi taman sembari membaca buku-buku religi dapat menjadi wisata yang tepat untuk dilakukan saat bulan puasa.

4. Pasar Malam atau Bazaar

Dewasa ini, di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, sering sekali digelar bazaar 3 hari. Bazaar ini menjual berbagai menu makanan, pakaian, dan aksesoris.

Hampir setiap akhir pekan, Anda bisa menemukan bazaar sejenis ini di kota-kota besar. Bazaar ini dapat menjadi destinasi wisata saat bulan puasa yang sangat dekat.

5. Bioskop atau Taman Bermain

Ingin berwisata dengan sahabat atau keluarga, tapi tidak ingin terlalu jauh? Bagaimana dengan movie time di bioskop kesayangan Anda? Lakukan movie marathon jika Anda memiliki banyak waktu untuk berwisata. Namun, di bulan puasa ini Anda harus lebih selektif dalam memilih film yang akan ditonton. Hindari film dewasa atau film yang mengandung unsur pornografi.

6. Wisata Laut

Siapa bilang laut tidak bisa menjadi tujuan wisata saat bulan puasa? Anda dapat mengajak teman dan keluarga untuk berwisata ke pantai. Akan tetapi, pilihlah pantai yang dekat dengan tempat tinggal Anda agar perjalanan yang ditempuh tidak terlalu jauh dan memakan banyak waktu.

7. Wisata Pegunungan

Dinginnya udara di pegunungan tentu tidak membuat Anda jadi cepat haus. Oleh karena itu, saat bulan puasa, ajak orang-orang terkasih untuk berwisata ke pegunungan. Banyak tempat wisata pegunungan yang dekat dengan kota-kota besar.

Apa yang bisa dilakukan di tempat wisata yang berada di dataran tinggi? Anda bisa melakukan wisata kuliner usai shalat tarawih serta mengunjungi kebun teh atau kebun buah-buahan pada siang hari. Di pegunungan Anda juga bisa menenangkan diri agar bisa lebih dekat dengan alam.

Nah itu dia 7 Destinasi yang bisa Anda coba untuk kunjungi disaat bulan puasa.