7 Artis Tanah Air yang Tersandung Kasus Narkoba di Tahun 2017

MONITOR Jakarta – Industri tanah air memang tak pernah redup, selalu ada saja hal yang yang dilakukan para publik figur mulai dari memamerkan prestasi hinga berbagai sensasi termasuk terlibat kasus penyalahgunaan narkoba.

Berikut merupakan beberapa artis yang tertangkap karna kedapatan kasus penyalahgunaan narkoba sepanjang tahun 2017 seperti dikutip dari berbagai sumber :

 

1. Ridho Rhoma

Anak dari raja dangdut terkenal Rhoma Irama tertangkap karna kedapatan mengkonsumsi barang haram narkotika jenis sabu. Ridho Rhoma ditangkap polisi di sebuah hotel di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (25/3/2017). Polisi menyita sabu seberat 0,7 gram dalam tas kertas cokelat yang disimpan di jok depan kiri mobil Honda Civic yang ditumpangi Ridho. 

Usai itu, Rhoma mengatakan bahwa kejadian tersebut memotivasi dirinya untuk memberantas narkoba di seluruh Indonesia dengan menjadi agen BNN.

"Dengan tertangkapnya Ridho saya semakin semangat untuk perangi peredaran narkoba. Memotivasi saya, semalam saya membuat komitmen dengan BNN, insya Allah minggu depan juga buat MoU, bahwa kami Soneta Grup juga siap jadi agen BNN untuk perang lawan narkoba di seluruh Indonesia," kata Rhoma

2. Iwa K

Selang beberapa minggu setelah ridho ditangkap penyanyi rap Iwa K ditangkap polres Mapolresta Bandar Udara Soekarno-Hatta di Terminal 1 A Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (29/4/2017). Ia membawa  ganja seberat 1,5 gram yang terkandung dalam tiga linting rokok miliknya. Menurut kuasa hukumnya, Chris Sam Siwu, iwa kembali menggunakan narkoba karena faktor lingkungan.

“Memang situasinya adalah lingkungan, sekali lagi rata-rata artis termasuk klien kami juga, yang terkena kasus narkoba itu masalahnya tadi adalah lingkungan. Jadi tingkat kecanduan ada, tapi nanti dokter yang menjelaskan, bukan kita,” ucap Chris.

3. Ammar Zoni

Di urutan ke tiga ada artis tampan Ammar Zoni yang terkena kassu narkoba bersama kedua asistennya, RH dan M, ditangkap Tim Pemburu Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat di kediamannya di kawasan Depok, Jawa Barat, Jumat lalu (7/7/2017).Polisi mengambil barang bukti salah satunya adalah satu stoples berisi daun ganja kering dengan berat bruto 39,1 gram. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Suyudi Ario Bayu, mengatakan bahwa pemain sinetron seri Anak Jalanan ini mengonsumsi narkotika untuk mendapatkan kesenangan.

"Dari hasil pengakuan sih untuk cari kesenangan aja," ujar Suyudi.

4. Pretty Asmara

Polisi menangkap artis komedi Pretty Asmara di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu lalu (15/7/2017), karena dugaan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan jenis sabu-sabu dan ekstasi. Hal itu berdasarkan penjelasan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono.

"Iya yang bersangkutan (Pretty Asmara) sudah kita tangkap," ujar Argo saat dikonfirmasi wartawan, Selasa.

Argo belum bisa merinci kronologis penangkapan tersebut. Menurut dia saat ini penyidik masih melakukan pengembangan.

"Saat ditangkap kita temukan serbuk sabu dan ekstasi" kata Argo.

5. Axel Matthew Thomas

Putra artis peran Jeremy Thomas,  Axel Matthew Thomas kini mendekam di tahanan Satuan Narkoba Polda Metro Jaya usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyalahgunaan psikotropika. Axel memesan satu strip pil happy five dan ia telah mentransfer uang sebesar Rp 1,5 juta kepada JV, yang menjual narkotika tersebut. Dalam pemeriksaan di Mapolres Bandar Udara Soekarno – Hatta, Selasa (18/7/2017) malam, Axel mengaku telah memesan narkotika jenis happy five.

6. Tora Sudiro

Pasangan suami istri artis peran Tora Sudiro bersama istrinya, Mieke Amalia, ditangkap Mapolres Metro Jakarta Selatan pada Kamis ini di Bali View, Cirendeu, Tangerang Selatan (3/8/2017) dengan dugaan penyalahgunaan narkoba atas kepemilikan 30 tablet yang diduga obat psikotropika.

7. Tio Pakusadwo

Yang terakhir ada aktor kawakan Tio Pakusadewo ditangkap polisi karena kedapatan mengonsumsi narkoba jenis sabu di rumahnya, Jalan Ampera I nomor 38 Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017) malam. Saat ditangkap, polisi menyita tiga bungkus plastik klip berisi kristal metapetamin atau biasa dikenal sabu, seberat 1,06 gram. Lalu ada seperangkat alat konsumsi sabu, bong cangklong, korek api, dan satu handphone.Yang mengejutkan, terungkap Tio sudah terbelenggu barang haram itu sejak puluhan tahun.

"Pokoknya dia sudah akut lah. Kalau saya pikir selama 10 tahun mungkin lebih dari 1,06 gram. Selama dia pakai 10 tahun, banyaklah," ujar Kasubdit II Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Doni Alexander, di Polda Metro Jaya, Jumat.