6 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

MONITOR Jakarta – Mentimun merupakan jenis sayuran yang biasa dipakai sebagai teman makan atau lalapan. Kandungan air pada mentimun sama seperti yang ada pada semangka, yaitu sebagian besar terdiri dari (95 persen) air, yang berarti mengkonsumsi ketimun pada musim panas, dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

Di Indonesia sendiri, mentimun atau timun banyak dikonsumsi sebagai bahan makanan yang tidak melalui proses pemanasan (di makan mentah), seperti rujak atau lalapan. Banyak mengkonsumsi timun, dapat memberikan khasiat yang baik bagi tubuh. Inilah 6 manfaat ketimun yang baik untuk tubuh kita.

1 Melindungi Otak

Di dalam mentimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

2. Menjaga asupan  air bagi tubuh 

Mentimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibanding air biasa. Memakannya, dapat menghindarkan diri dari dehidrasi dan tentunya membantu menetralkan toksin dalam tubuh.

3 Membantu menyembuhkan gejala penyakit rematik dan asam urat 

Vitamin A, B, Folat, Kalium, dan Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel mampu meredakan nyeri astritis dan kadar asam urat dalam tubuh.

4 Menjaga berat badan

Mentimun sangat rendah kalori, ketimun dapat di buat campuran air minum dengan cara di iris dan dicampurkan dengan air putih. Serat yang larut kedalam tubuh kita Ini akan membantu anda merasa kenyang lebih lama dan merupakan salah satu alasan mengapa makanan kaya serat ini dapat membantu mengontrol berat badan.

5 Mendukung Pencernaan yang Sehat

Pada mentimun terdapat 2 komposisi dasar yang paling kaya keberadaannya, dan paling diperlukan untuk pencernaan yang sehat yaitu air dan serat. Kandungan serat dan air yang melimpah membersihkan usus dari racun. Kulit mentimun mengandung serat larut, yang membantu menambah kebutuhan buang air besar. Hal ini membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan yang lebih cepat untuk pencernaan sehat.

6 Baik untuk kesehatan gigi dan gusi

Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bekteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi lain seperti pyorrea secara efektif dapat diobati oleh ketimun.

 

Mengkonsumsi mentimun akan menambah asupan zat yang penting untuk tubuh.