6 Buah untuk Diet Maksimal bagi Tubuh Ideal

Ilustrasi Buah

MONITOR, Jakarta – Menginginkan berat badan ideal tentunya membutuhkan usaha yang maksimal. Selain berolahraga secara teratur, Anda juga harus pintar menjaga pola makan, dengan memilih makanan dan buah untuk diet agar bentuk badan tetap terjaga ideal.

Seperti yang kita tahu, tubuh kita membutuhkan asupan vitamin dan serat agar menjaga fungsi tubuh tetap normal. Mengingat iklim tropis di Indonesia yang memungkinkan begitu banyak pilihan jenis buah yang dijual di pasaran, membuat kita kesulitan memilih buah yang sebaiknya dikonsumsi untuk menunjang program diet yang sedang dijalankan.

Nah, salah satunya jenis buah berwarna kemerahan yang dapat membakar lemak, lho! Berdasarkan penelitian, buah-buahan tersebut dikenal memiliki senyawa anthocyanin, senyawa yang dapat memberi warna merah atau ungu. Artinya, dengan mengonsumi buah tersebut, dapat memaksimalkan program diet yang sedang dijalankan, bukan? Penasaran? Berikut enam buah untuk diet yang bisa Anda coba, nih!

1. Buah Anggur

Sebuah jurnal ilmiah tentang metabolisme menemukan bahwa mengonsumsi setengah porsi buah anggur sebelum makan dapat membantu mengurangi lemak visceral (perut) dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Penelitian tersebut melakukan percobaan pada seseorang yang selalu mengonsumsi grapefruit sebelum makan selama enam minggu dan melihat adanya penyusutan pada pinggang sebanyak satu inci.

Jadi, Anda bisa nih menyantap buah ini sebelum mengonsumsi makanan berat, ya!

2. Buah Ceri

Buah untuk diet yang satu ini telah terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dan juga berat badan. Buah ini juga terbukti memiliki kemampuan untuk mengubah ekspresi gen lemak pada tubuh.

3. Berries

Buah jenis beri seperti raspberry, stoberi dan juga blueberry mengandung zat polifenol yang dapat membantu Anda menurunkan berta badan, bahkan menghentikan pembentukan lemak dalam tubuh, lho! Rupanya, selain menyegarkan penuh khasiat pula!

4. Buah Apel

Apel adalah salah satu sumber serat terbaik sehingga cocok dipilih sebagai buah untuk diet. Selain itu, apel juga terbukti menjadi bagian integral untuk mengurangi lemak perut. Buah ini juga memiliki tingkat flavonoid aktioksidan yang tinggi, lho!

5. Buah Semangka

Buah ini memang terkadang mendapatkan komentar kurang baik karena tingkat gula yang tinggi. Namun, semangka memiliki segudang manfaat kesehatan. Salah satunya, semangka dapat meningkatkan profil lipid dan menurunkan akumulasi lemak. Jadi, jangan ragu untuk memakan semangka, ya!

6. Nektarin, Persik & Plum

Ketiga buah untuk diet ini dapat membantu menangkal sindrom metabolik, yaitu risiko utama untuk meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas hingga diabetes. Sifat buah-buahan ini juga memiliki senyawa fenolik yang tinggi yang terbukti ampuh dalam mengurangi lemak.

Itulah beragam pilihan buah untuk diet yang bisa menjadi asupan tambahan dalam menjaga bentuk lebih ideal. Nah, jadi bagi Anda yang sedang melakukan diet, jangan lupa untuk memasukan enam buah di atas kedalam list belanja Anda ya. Semoga bermanfaat!