5 Hal yang Pantang Dilakukan Setelah Berbuka Puasa

MONITOR – Berbuka puasa merupakan hal yang ditunggu-tunggu, apalagi ketika sudah memasuki waktu siang, rasa lapar dan haus mulai terasa. Namun, perlu diketahui ternyata ada hal-hal yang pantang dilakukan saat berbuka puasa lho!

Penasaran apa saja hal tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini tentang apa saja 5 hal yang pantang dilakukan setelah berbuka puasa.

1. Minum air putih

Anda dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 30 menit setelah makan. Pada dasarnya, air liur membantu proses pencernaan sekaligus membunuh bakteri jahat dari makanan. Jadi, minum air putih berlebihan setelah makan dianggap mengganggu proses tersebut.

2. Merokok

Setelah makan peredaran darah di area organ pencernaan akan meningkat, maka berbagai zat racun dalam rokok juga menjadi lebih mudah diserap dalam darah.

Jika tetap dilakukan maka akan mengganggu berbagai fungsi organ vital seperti hati, ginjal, dan usus.

3. Mandi

Jangan langsung mandi! sebaiknyasediakan jeda waktu setidaknya 45 menit setelah makan. Saat mandi, tubuh membutuhkan aliran darah ekstra demi menjaga keseimbangan suhu badan.

4. Menyikat Gigi

Menyikat gigi setelah makan dapat mengikis struktur gigi terluar enamel gigi. Seaiknya, setelah makan ada baiknya berkumur dengan air putih.
Tujuannya untuk menetralkan perubahan pH yang ada di dalam mulut, mengingat suasana asam akan melemahkan struktur gigi.

5. Tidur

Setelah makan biasanya rasa kantuk akan menyerang. Namun, sebaiknya Anda tidak langsung tidur. Langsung tidur setelah makan dapat memicu resiko refluks, yaitu keadaan di mana asam lambung  naik dan menyebabkan perlukaan di kerongkongan.

Nah, setelah mengetahu 5 hal yang pantang dilakukan setelah berbuka di atas, sebaiknya Anda menghindarinya agar kesehatan Anda tidak terganggu ya. Selamat berpuasa!