5 Destinasi Wisata Sungai Paling Kesohor di Dunia

MONITOR – Bagi penyuka suasana sejuk, indah, bahkan menikmati keindahan sambil berwisata di atas air. Wisata sungai di dunia memang tidak bisa dipungkiri saat ini sudah menjadi salah satu destinasi pavorit wisatawan untuk berkunjung bahkan peneliti sekalipun.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi liburan di sungai yang indah. Berikut ini MONITOR telah merangkum beberapa sungai-sungai dari sungai Nil hingga Mekong yang menaklukkan pengunjung berkat keindahannya.

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon terletak di Amerika Selatan dengan panjang sampai 6.992 km dan aliran air terbesar di dunia. The Amazon Basin adalah hutan hujan Amazon, dengan fauna dan flora yang melimpah.

Jumlah air tawar yang dilepas ke  Samudra Atlantik sangat besar: 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) di musim hujan.

Aliran Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.

Sungai utamanya dapat dilalui untuk kapal uap samudra besar sampai Manaus  hampir 800 mil ke hulu sungai.

Sungai ini mengambil air dari koordinat 5° LU  sampai 20° LS. Sumber paling jauh ditemukan di dataran tinggi inter-Andes, jarak yang cukup dekat dengan Samudra Pasifik dan setelah menempuh jarak 7.200 km (4.800 mil) melalui pedalaman Peru dan melewati Brasil, ia masuk Samudra Atlantik di khatulistiwa. 

2. Sungai Nil

Sungai Nil yang mengalir melalui Mesir tidak hanya merupakan sungai terpanjang di dunia, tapi juga sumber inspirasi untuk membuat puisi tanpa henti di sepanjang tepi sungai. Hari ini dan seterusnya Anda bisa mengalami perjalanan berlayar atau menyusuri Sungai Nil.

Sungai Nil mempunyai peranan sangat penting dalam peradaban, kehidupan dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu.

Salah satu sumbangan dari sungai Nil adalah kemampuannya dalam menghasilkan tanah subur sebagai hasil sedimentasi di sepanjang daerah aliran sungainya. Tanah yang subur ini memungkinkan penduduk Mesir mengembangkan pertanian dan peradaban sejak ribuan tahun yang lalu.

3. Sungai Brahmaputra

Sungai nbsp;Brahmaputra adalah sebuah sungai utama di yang melintasi negara India, Banglades, dan wilayah Tibet. Dalam bahasa sansekerta , dia berarti 'Anak Brahma'.

Sungai tersebut berasal dari pegunungan Himalaya di Tibet  barat, di Cina dan mengalir sepanjang 2.900km ke laut di Teluk Bengal.

Kebanyakan sungai India memiliki nama perempuan. Tetapi sungai ini memiliki nama lelaki. Sebagian besar dapat dijalani perahu dan bagian bawah merupakan tempat suci bagi orang Hindu. Sungai ini tidak diragukan lagi keindahannya.

4. Sungai Mekong

Sungai Mekong adalah salah satu sungai utama di dunia. Sungai tersebut merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia, dan ke-10 terbesar dalam volume (melepas 475 km³air setiap tahunnya), dia mengisi wilayah seluas 795.000 km² dari Tibet  dia mengalir melalui Cina provinsi Yunnan, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. 

Sungai Mekong mengalir melalui banyak negara di Asia Tenggara, membawa kemakmuran, kesegaran ke dua bank tersebut. Anda bisa menyusuri sungai melewati desa-desa, hutan biek hijau atau hiruk pikuk kota besar. 

5. Sungai Rhein

Nah, yang terakhir ini adalah sungai dengan panjang 1.230 km, Sungai Rhein adalah salah satu sungai paling panjang di Eropa. Namanya berasal dari kata "renos", yang berarti "arus yang tinggi". Bersama dengan Sungai Donau membentuk banyak perbatasan utara kekaisaran romawi dan sejak saat itu telah menjadi jalur air penting yang bisa dilayari, memengaruhi perdagangan di pedalaman.

Sungai Rhein sepanjang 1.320 km telah dianggap sebagai salah satu sungai terindah di Eropa, kita dapat menyaksikan perubahan besar dalam sejarah jika menyusuri sungai tersebut.

Nah, bagaimana sobat traveller, itu dia 5 destinasi wisata sungai di dunia yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk berpetualang atau liburan bersama teman atau keluarga.