5 Destinasi Ngabuburit Paling Asyik di Jakarta

MONITOR – Ngabuburit adalah kegiatan bersantai yang biasa dilakukan sambil menanti waktu buka puasa. Ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan saat ngabuburit, yaitu jalan-jalan, mengaji di masjid atau sekedar nongkrong-nongkrong di tempat yang nyaman.

Tidak perlu merogoh kocek banyak untuk dapat merasakan tempat ngabuburit yang nyaman karena banyak sekali lokasi di Jakarta yang bisa kamu pilih sebagai tempat ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka.

Nah berikut ini 5 tempat ngabuburit paling asyik di Jakarta.

1. Kota Tua

Kawasan Kota Tua yang tersohor memang menjadi destinasi wajib bagi wisatawan dari luar Jakarta.

Di sini banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu dengan hunting foto, bersepeda atau sekeda duduk-duduk. Ada juga beberapa spot di kawasan kota tua ini yang bisa jadi destinasi ngabuburit super seru seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, dan Museum Seni Rupa & Keramik.

Kawasan kota tua sendiri kawasan yang favorit bagi anak muda untuk tempat ngbuburit, Pada saat sore menjelang malam, kawasan kota tua ini akan semakin ramai, karena ada banyak pedagang yang membuka lapak sehingga kamu bisa langsung buka puasa saat Adzan Maghrib tiba yang sudah tersedia dari banyak pedagang di Kota Tua.

2. Jalan Soka

Jalan Soka, Kelurahan Rawa Badak, Jakarta Utara merupakan Pasar Takjil sejak tahun 1996.

Memang tidak seluas Pasar Benhil atau Jalan Panjang di Kebon Jeruk, namun di tempat ini ratusan hidangan untuk menu berbuka puasa bisa anda dapatkan. Sekitar 130 pedagang menjajakan makanannya dari pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Harganya dari Rp 2.000 sampai Rp 30.000. Jika ingin ke tempat ini, anda harus hati-hati karena macet di sepanjang jalan menuju tempat tersebut karena banyaknya orang yang juga sedang berburu takjil untuk berbuka puasa.

3. Pasar Benhil

Keanekaragaman makanan berbuka puasa yang ditawarkan di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) Jakarta Pusat tak ada habisnya.

Sudah sejak lama kawasan ini terkenal sebagai Surganya kuliner bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Apa lagi saat bulan Ramadhan tiba di pasar benhil makin rame di kunjungi para pengunjung yang sedang mencari takjil buka puasa.

Disini banyak dijual aneka makanan berbuka puasa mulai dari jajanan tradisional, masakan khas nusantara, aneka kolak hingga berbagai aneka minuman mulai dari es buah, es selasih, es cincau, es rumput laut semuanya tersedia di pasar ini.

Di Benhil untuk harga juga masih tergolong relatif murah dari mulai harga Rp. 1.000,- samapi dengan harga Rp. 40.000,-. Di tempat ini ada sekitar 100 pedagang yang berjualan dari mulai pukul 15.30 wib – 19.00 wib.

4. Kawasan Monas

Saat Ramadhan tiba, di kawasan monas biasanya berdiri stand-stand bazar yang menjual aneka baju, tas, sepatu atau barang-barang lain dengan Anda bisa berburu aneka barang dengan diskon besar-besaran, dari baju, tas, hingga sepatu.

Puluhan stand bazar berdiri di sana. Selain itu, stand makanan juga dapat kalian temukan. Ada juga aneka wahana permainan seperti kicir-kicir mini yang mulai buka setelah pukul 18.00 WIB.

Kawan Monas di Jakarta Pusat yang lingkungan sekitarnya memang luas dan tertata rapi, sering menjadi sasaran empuk para pelaku ngabuburit untuk sekedar olahraga sore dan jalan-jalan santai.

Nah, bagi Anda yang suka jogging dan bersepeda, spot di sekitar Monas bisa jadi pilihan yang cukup menarik untuk mengisi waktu sebelum berbuka.

5. Taman Suropati

Kegiatan ngabuburit biasanya Selain pergi berburu jajanan khas Ramadhan di pasar tradisional, biasanya banyak juga keluarga dan sekelompok remaja yang menghabiskan waktunya di taman kota yang asri menikmati suasanya yang tenang dan sejuk di antara pepohonan yang tumbuh di taman. Contohnya di Taman Surapati, Menteng di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Di sini Anda bisa duduk-duduk santai sambil menikmati udara segar, menemani anak bermain di air mancur, memancing di danau buatan, atau memberi makan monyet dan burung merpati yang berkeliaran bebas di sekitar situ.

Biasanya tempat ini sangat ramai di hari Sabtu dan Minggu sore, namun pada bulan ramadhan tempat ini biasanya menjadi tempat ngabuburit para remaja sambil menunggu atau menghabiskan waktu sampai terdengarnya adzan magrib untuk berbuka.