Lima Langkah Sukses Mengawali Karir bagi Fresh Graduate

MONITOR, Jakarta – Anda baru saja diterima bekerja usai lulus kuliah? Wah, selamat ya! Pengalaman pertama kali bekerja memang terkadang bikin grogi. Namun tak perlu khawatir, karena akan ada banyak orang yang mau membantu Anda melewati masa-masa adaptasi di awal Anda bekerja.

Sebagai fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja, berikut ini adalah 5 langkah terbaik agar perjalanan karier Anda lancar.

1. Cari Tahu Apa Saja yang Ditawarkan oleh Perusahaan

Jika ini pertama kalinya Anda bekerja, penting bagi Anda untuk mencari tahu fasilitas dan hak apa saja yang bisa didapatkan dari perusahaan sehingga bisa Anda maksimalkan. Misalnya saja, apa jenis asuransi kesehatan yang disediakan, berapa iurannya, apakah akan dipotong dari gaji, serta meliputi apa saja. Hal lainnya bisa meliputi apakah Anda mendapatkan asuransi jiwa, berapa lama cuti yang diberikan, dan lain sebagainya.

2. Seraplah Informasi Sebanyak-Banyaknya

Salah satu hal yang harus Anda prioritaskan di minggu-minggu pertama, adalah menyerap informasi sebanyak mungkin mengenai lingkungan kerja Anda. Cari tahu seperti apa budaya di kantor Anda beserta peraturan, visi misi, dan juga tim Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih cepat beradaptasi dan dapat menjalankan tugas-tugas Anda dengan lebih lancar.

3. Carilah Mentor

Setelah Anda diperkenalkan dengan staf-staf senior di kantor, temukan seseorang yang bisa membantu Anda mengembangkan skill Anda, serta mau mendengarkan dan memoles ide-ide Anda. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk karier Anda selanjutnya. Carilah seseorang yang tak sekadar mau memberikan masukan, namun juga bersedia menyediakan waktu dan perhatian untuk memastikan bahwa Anda membuat kemajuan dalam pekerjaan.

4. Bertanyalah

Minggu-minggu pertama Anda bekerja sebagai fresh graduate adalah waktunya rekan-rekan kerja Anda akan dengan senang hati dan sabar menjawab pertanyaan Anda sebagai orang baru. Jadi, manfaatkan kesempatan ini dengan mengajukan pertanyaan sebanyak mungkin. Kalau perlu, catat jawaban yang Anda dapatkan ketika Anda bingung atau ingin tahu mengenai sesuatu.

5. Punya Inisiatif

Setelah beberapa saat Anda bekerja dan mampu menyelesaikan tugas-tugas dengan baik, itu artinya Anda sudah siap menerima tugas yang lebih besar atau lebih banyak. Jika atasan Anda belum memberikannya, berinisiatiflah untuk meminta. Langkah ini sangat baik untuk menunjukkan performa Anda pada tim karena pasti ada saja rekan yang membutuhkan bantuan. Mereka akan sangat menghargai usaha Anda.