Wagub NTT Minta Perbankan Lirik Koperasi

MONITOR, Maumere – Realisasi penyaluran KUR di provinsi NTT per 30 November 2017 senilai Rp1,2 triliun yang disalurkan kepada 48.118 debitur. Sumbangsih ini dilakukan Kopdit Obor Mas ini mendulang pujian dari Wakil Gubernur NTT Benny Litelnoni.

"Saya yakin ke depan akan muncul lagi koperasi-koperasi sekelas Obor Mas. Karena, gerakan koperasi terus tumbuh di seluruh Indonesia, termasuk di NTT. Selain itu, ciri-ciri orang koperasi adalah berani terjun langsung ke masyarakat. Dan yang diutamakan dari sebuah koperasi adalah kejujuran dan pengurus dan para anggotanya," ujarnya pada acara penyaluran perdana KUR oleh KSP Kopdit Obor Mas di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (19/12).

Benny pun meminta kalangan perbankan untuk melihat peluang tumbuhnya koperasi di NTT, dalam bentuk inovasi sinergi dengan melakukan satu kegiatan ekonomi untuk meningkatkan perekonomian Kabupaten Sikka. 

"Kualitas SDM koperasi harus terus ditingkatkan agar pendapatan anggota juga bisa terus meningkat," tandas Benny.

Sedangkan Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera menyatakan, kinerja Kopdit Obor Mas dan Kopdit Pintu Air semakin mempertegas Kabupaten Sikka sebagai Kabupaten Koperasi di NTT. 

"Jumlah koperasi di Kabupaten Sikka sebanyak 431 koperasi, 163 diantaranya sudah berbadan hukum. Total anggota sebanyak 291 ribu jiwa dari jumlah penduduk 344 ribu orang. Koperasi di Sikka memiliki total aset Rp1 triliun dan omzet Rp8 triliun," tukas Yoseph.