Jumat, 29 Maret, 2024

Test Event, Telkomsel Pastikan Kualitas dan Kapasitas Jaringan Aman di Venue Asian Games 2018

MONITOR, Jakarta Anak usaha PT Telkom, Telkomsel yang juga menjadi official mobile partner Asian Games 2018, memastikan pengamanan kualitas dan kapasitas layanan seluler di seluruh venue pertandingan yang akan digunakan pada perhelatan olah raga terbesar tingkat Asia itu, khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

Salah satunya dengan Test Event pada tanggal 8-15 Februari 2018, yang  mempertandingkan 8 cabang olah raga yang akan dipertandingkan dengan memaksimal sejumlah venue yang sudah selesai direvonasi di kawasan GBK. Test Event ini sendiri dihadirkan oleh Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) sekaligus memastikan kesiapan sejumlah venue pertandingan yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018 nanti pada bulan Agustus.

“Setelah sukses melakukan uji coba jaringan dengan jumlah massa yang cukup banyak saat peresmian Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) beberapa waktu lalu, kini Telkomselsel juga mengambil peran aktif dalam memastikan kualitas jaringan dan layanan terdepan terutama yang mendukung akses layanan broadband dan digital para pengunjung selama ajang Test Event Asian Games 2018 yang berlangsung di sejumlah venue pertandingan di kawasan Gelora Bung Karno," kata General Manager Network Engineering and Project Jabotabek Jabar Telkomselsel Nugroho Adi Wibowo, dalam keterangan tertulis, Senin (12/2).

Dalam kesempatan tersebut, Telkomselsel menguji kehandalan sejumlah teknologi jaringan terdepan yang secara khusus telah disiapkan guna menghadirkan kenyamanan komunikasi serta memastikan pengalaman koneksi jaringan broadband para pengunjung Asian Games nantinya tetap terjaga.

- Advertisement -

Lebih lanjut Nugroho menjelaskan, sebagai upaya pengamanan kualitas dan kapasitas jaringan Telkomselsel di kawasan GBK, Telkomselsel telah mengoperasikan fasilitas jaringan BTS berteknologi 3G dengan frekuensi FDD 1,8 MHz serta jaringan 4G LTE terdepan dengan frekuensi TDD 2,3 MHz yang juga telah dilengkapi teknologi Massive MIMO (Massive Multiple Input Multiple Output) yang akan menjadi solusi pengamanan akses broadband berkecepatan tinggi dengan tingkat trafik yang tinggi di saat yang bersamaan.

Telkomselsel juga telah mengoperasikan fasilitas terbaru BTS Lampsite di lebih dari 120 titik untuk memastikan kualitas jaringan prima tetap terjaga untuk cakupan indoor di setiap venue pertandingan, khususnya di Stadion Utama GBK, Stadion Istora Senayan, serta Lapangan Tennis Indoor Senayan. Selain itu, 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) Telkomselsel juga telah disiagakan sejak awal tahun untuk menguatkan kapasitas jaringan outdoor di kawasan GBK.

Pengamanan kualitas jaringan juga telah dilakukan Telkomselsel untuk sejumlah BTS Macro yang memang telah beroperasi sebelum proses renovasi kawasan komplek olahraga GBK. Peningkatan kapasitas layanan serta perluasan cakupan jangkauan telah dimaksimalkan untuk menjaga kepastian akses seluler yang prima, terutama dalam pemanfaatan layanan berbasis broadband.

Upaya mengamankan jaringan untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta kini hampir selesai dan diharapkan akan beroperasi secara menyeluruh bersamaan dengan rampungnya renovasi seluruh venue pertandingan, khususnya di kawasan GBK. Telkomselsel berharap pada saat berlangsungnya Asian Games 2018 di bulan Agustus, atlet dan pengunjung dapat menikmati akses broadband berkecepatan tinggi untuk mengabadikan momen keseruan gelaran tingkat Asia tersebut.

Selain itu, guna memastikan fasilitas jaringan terdepan yang telah disiapkan untuk Asian Games 2018 dapat dinikmati secara maksimal, Telkomselsel juga menghadirkan gerai pelayanan di sejumlah venue dalam gelaran Test Event Asian Games 2018. Seperti di venue pertandingan cabang olahraga bola basket, bola volley, dan atletik yang ada di komplek olahraga GBK, serta cabang olahraga pencak silat yang digelar di Padepokan Pencak Silat, Jakarta Timur.

Di tiap gerai pelayanan tersebut, Telkomselsel menghadirkan ragam penawaran produk dan layanan terdepan, terutama untuk layanan berbasis broadband dan digital seperti paket kuota data maksimal denganharga terjangkau, paket layanan streaming video dan musik, aktivasi layanan mobile financial service TCASH, upgrade kartu 4G LTE, layanan registrasi prabayar khususnya untuk atlet dari luar negri, serta promo terbaru isi ulang pulsa dengan bonus cashback 20% saldo TCASH dan  kuota data hingga 5GB.

“Selama berlangsungnya Test Event Asian Games 2018 di Jakarta ini, Telkomselsel berharap dapat melakukan simulasi kesiapan layanan secara menyeluruh. Mulai dari optimalisasi kualitas serta kapasitas fasilitas jaringan yang sudah dilakukan, hingga kehadiran gerai pelayanan produk yang akan memanjakan pelanggan Telkomselsel untuk merasakan pengalaman berbeda saat berkomunikasi dan menikmati layanan berbasis broadband,” pungkas Nugroho.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER