Terancam Goyah, Perbankan Nasional Lakukan Konsolidasi

MONITOR, Jakarta – Kondisi ekonomi global memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Begitu halnya dengan urusan perbankan nasional.

Kepala Divisi analisa ekonomi makro, pasar keuangan dan industri, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Seno Agung Kuncoro menyatakan stabilitas perbankan, sektor keuangan, sosial bahkan politik sejatinya bukan hanya bergantung pada sosok kepala negaranya saja.

"Kestabilan dari perbankan, keuangan, sosial politik dalam negeri ini bukan hanya tergantung dari siapa presidennya, dan bukan dilihat dari berapa banyak pembangunanya, tapi juga sangat bergantung pada kondisi global saat ini," ujar Seno dalam Diskusi Publik 'Stabilitas Perbankan Nasional dan Laju Pertumbuhan Ekonomi' di Perbanas Institute,  Jakarta, Kamis (14/9).

Seno bahkan mengakui saat ini sektor perbankan di Indonesia tengah melakukan konsolidasi. "Perbankan saat ini tengah berkonsolidasi, dalam lima tahun terakhir ini, kondisi perbankan tidak bagus," tandasnya.

Ia kembali menyatakan akibat melemahnya situasi global saat ini, maka sektor perbankan pun mulai goyah dan terancam mengalami kemunduran.

Acara Diskusi Publik yang mengangkat tema 'Stabilitas Perbankan dan Laju Pertumbuhan Ekonomi' tersebut diselenggarakan oleh redaksi monitor.co.id bekerjasama dengan Perbanas Institute dan didukung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Bank Mandiri, serta Kemahasiswaan Perbanas Institute.