Telkom Siap Dukung Jateng Menjadi ‘Smart Province’

MONITOR, Jakarta – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melakukan percepatan dari smart city menuju "Smart Province".

"Telkom siap mendukung percepatan implementasi smart city di Indonesia," ungkap EVP Telkom Regional IV Joko Raharjo, kala menjadi pembicara di Rapat Koordinasi Perencanaan Dinas Komunikasi & Informasi Se – Jawa Tengah : Sinkronisasi program kegiatan tahun 2018 dan perencanaan tahun 2019, belum lama ini.

Di hadapan 35 Dinas Kominfo Se-Jawa Tengah dan SKPD Provinsi Jawa Tengah terkait, Telkom memamerkan  platform aplikasi, pengelolaan dashboard, dan data center untuk mendukung smart province. Dalam kegiatan tersebut juga di tandatangani komitmen bersama antara Telkom dengan seluruh peserta untuk implementasi smart city menuju smart province.

"Dengan komitmen ini diharapkan sinergi implementasi smart city antara Telkom dan Diskominfo Se- Jawa Tengah dapat segera terealisasi dan Jawa Tengah Smart Province dapat segera terwujud," katanya.

Dikatakannya, sebagai BUMN di bidang teknologi informasi dan komunikasi, Telkom telah berkontribusi dalam implementasi smart city di Indonesia melalui pencanangan program Smart City Nusantara.

"Adanya program Smart City Nusantara dan Living lab Smart City Nusantara diharapkan dapat mendukung dan mengakselerasi program – program smart city Pemerintah," tutupnya.

Smart City Nusantara merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan sebuah kota atau daerah dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah.

Penerapan konsep smart city dimaksudkan agar pemerintah mampu memberikan pelayanan berkelanjutan, efektif serta dapat meningkatkan kenyaman dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia