Tarif Listrik Normal, Menteri ESDM Apresiasi PLN dan Pengembang Listrik Swasta

MONITOR, Jakarta –  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengapresiasi para pengembang listrik dan PT PLN (Persero). Pasalnya saat ini tarif listrik semakin normal dan kompetitif. Hal ini disampaikan Jonan saat menyaksikan penandatanganan kontrak jual beli listrik atau Power Purchase Agreement (PPA) antara PT PLN (Persero) dengan pengembang listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH).

Menurutnya, pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan listrik dalam negeri. "Penandatanganan kontrak ini sengaja dilakukan di kantor Kementerian ESDM, hal ini untuk menunjukkan bahwa pemerintah mendorong pengembangan EBT," papar Jonan disambut riuh tepuk tangan semua yang hadir  dalam penandatanganan kontrak yang dilaksanakan di Ruang Sarulla Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (8/9).

Jonan mengungkapkan bisnis energi baru terbarukan tersebut merupakan bisnis jangka panjang. "Energi Baru Terbarukan (EBT) ini salah satunya untuk mengurangi polusi. Makanya kita siapkan  ini untuk jangka panjang, untuk generasi mendatang," papar Jonan

Mantan Dirut PT Kereta Api ini berharap,  ketersediaan listrik di tanah air harganya bisa terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat keberadaan listrik tersebut.