Standard Chartered Dukung Bisnis Alfamart

MONITOR, Jakarta  –  Standard Chartered Bank (“Bank”) memperluas layanan dukungan terhadap ekosistem bisnis klien dengan memberikan layanan Program Solusi Modal Kerja Terpadu bagi salah satu perusahaan ritel terkemuka di Indonesia, PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. (“Alfamart”). Alfamart merupakan klien Bank ke-16 yang telah memanfaatkan layanan serupa.

Para pemasok dan mitra bisnis seringkali menghadapi masalah terkait pendanaan, terutama modal kerja dan fasilitas pembayaran lainnya agar operasionalisasi perusahaan dapat terus berjalan. Tantangan berat muncul saat siklus produksi berikutnya harus berjalan, dimana pembayaran dari pengiriman barang ke ritel belum diterima akibatnya proses yang membutuhkan waktu panjang. Solusi modal kerja terpadu hadir dengan memberikan layanan keuangan berupa pembayaran lebih cepat kepada mitra bisnis Alfamart dengan bunga yang menarik atas invoice- invoice yang disetujui oleh pihak Alfamart.

Rino Donosepoetro, Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, mengatakan merupakan sebuah kebanggaan bagi Bank untuk dapat bekerjasama dan mendukung Alfamart dalam memperkuat ekosistem bisnisnya. “Layanan ini sekali lagi merupakan komitmen Bank untuk senantiasa menempatkan klien sebagai fokus utama Bank.”katanya di Jakarta, Senin (2/4).

Rino juga menambahkan bahwa hingga saat ini, sudah ada 16 perusahaan (anchor) serta sekitar 500 mitra bisnis dari anchor tersebut yang telah memanfaatkan layanan ini. 

“Saat ini, belum banyak fasilitas bank yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas pemasok dan para mitra bisnis sebuah usaha. Solusi kami ini menjadi jawaban atas tantangan para mitra bisnis klien dalam mengelola arus kas dan modal kerja yang ekonomis. Lebih dari itu, solusi modal kerja ini sekaligus memberikan kemudahan akses perbankan dengan proses yang sangat sederhana”, ujar Rolly A. Lahagu, Head of Cash Management and Banks, Standard Chartered Bank Indonesia.