Sabtu, 20 April, 2024

Sinergi BUMN Tingkatkan Mutu Layanan 109 Bandara di Papua

MONITOR, Sentani – Kementerian BUMN bersinergi dengan Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) melakukan modernisasi layanan navigasi untuk mendukung konektivitas 109 bandar udara di seluruh pelosok Papua.

"Dengan kondisi geografis Papua, transportasi udara merupakan moda krusial bagi masyarakat Papua. Sehingga program modernisasi layanan navigasi penerbangan ini kami luncurkan demi meningkatkan konektivitas udara pada 109 Bandara Papua," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, saat meresmikan modernisasi layanan navigasi penerbangan di Papua di Kantor AirNav Indonesia Cabang Sentani, Jumat (12/1).

Modernisasi navigasi ini meliputi peningkatan layanan menjadi radar service, implementasi radar sintetis berbasis satelit atau Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B) dan penerapan prosedur Performance-Based Navigation (PBN)

Menteri Rini menjelaskan program modernisasi ini merupakan program prioritas Presiden RI dan bentuk komitmen pemerintah dalam membangun Papua.

- Advertisement -

"Pemerintah terus mendorong berbagai program di Papua agar pemerataan pembangunan segera terwujud. Sebelumnya BUMN telah berperan dalam mewujudkan BBM satu harga di Papua, beberapa kebutuhan sudah sama harganya dengan di Jawa, dan saat ini layanan navigasi di Papua juga sama dengan di bagian barat Indonesia," ungkapnya.

Menteri BUMN mengapresiasi model kerjasama antar BUMN dalam program ini, yang merupakan bukti kerja bersama dari BUMN yang tengah digalakan oleh pemerintah.

"BUMN ini milik negara, sehingga setiap programnya harus berkontribusi untuk sebesar-sebesar kesejahteraan masyarakat. Untuk mendorong kesejahteraan lebih cepat dan maksimal, dibutuhkan kerja bersama, sinergi BUMN. Ini menjadi bukti nyata dari kami bahwa BUMN hadir untuk Papua," ujarnya.

Kementerian BUMN berharap program ini, konektivitas udara di wilayah Papua meningkat sehingga turut menunjang pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua.

Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto, menuturkan terdapat beberapa BUMN yang terlibat di dalam program modernisasi layanan navigasi penerbangan ini.

LPPNPI atau dikenal dengan nama AirNav Indonesia menggunakan ADS-B karya anak bangsa yang dikembangkan oleh BPPT yang diproduksi oleh PT INTI.

"Kami selalu menggunakan peralatan berstandar internasional yang telah disertifikasi. ADS-B ini telah tersertifikasi oleh Kementerian Perhubungan," terangnya.

AirNav akan memasang ADS-B ini di tujuh lokasi di Papua. ADS-B ini akan ditempatkan di properti Bank Mandiri, BRI dan BNI.

"Ini mempercepat program modernisasi karena kami menghemat waktu dengan menempatkan ADS-B di properti teman-teman bank yang sudah ada lebih dulu. Bisa dibayangkan jika kami harus membangun properti lagi untuk memasang perlengkapan ADS-B, apalagi jika listrik di daerah tersebut belum terinstalasi, ini akan memakan waktu," paparnya.

Novie mengapresiasi sinergi yang dibangun antara BUMN dalam program ini.

"Kami mengapresiasi mitra BUMN strategis kami PT INTI, Bank BRI, Mandiri dan BNI yang telah memberikan upaya terbaiknya untuk mengimplementasikan program modernisasi layanan navigasi penerbangan untuk Papua. AirNav Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan sinergi yang telah terbangun sangat baik dengan mitra-mitra strategis kami," kata Novie.

Novie menjelaskan AirNav Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung program prioritas pemerintah khususnya di sektor transportasi udara, salah satunya adalah peningkatan konektivitas, keselamatan dan efisiensi penerbangan di Papua.

Airnav sendiri sejak 2015 telah meluncurkan program investasi yaitu empat program senilai Rp 3,7 miliar kemudian meningkat pada 2016 menjadi 12 program senilai Rp 85 miliar dan kembali meningkat pada 2017 menjadi 72 program senilai Rp138 miliar.

"Kami juga meningkatkan layanan di Bandara Sentani sejak 18 Agustus 2016 dari sebelumnya non-radar menjadi pelayanan radar. Peningkatan layanan ini membuat pemanduan lalu lintas penerbangan dilakukan melalui instrumen prosedur dan teknologi mutakhir, sehingga dapat meningkatkan keselamatan dan efisiensi penerbangan," katanya.

AirNav Indonesia juga menerapkan prosedur Performance-Based Navigation (PBN) di wilayah Papua.

"PBN adalah prosedur navigasi penerbangan dengan menggunakan teknologi mutakhir. Penerapan PBN ini akan memangkas jarak terbang maupun separasi antar pesawat, meningkatkan kapasitas ruang udara, meningkatkan keselamatan dan efisiensi penerbangan serta menghemat konsumsi bahan bakar pesawat," katanya.

Melalui berbagai program yang diluncurkan Airnav tersebut dan sinergi dengan para pemangku kepentingan penerbangan, kapasitas landasan pacu di Bandara Sentani meningkat dari 19 pergerakan per jam menjadi 32 pergerakan per jam.

"Kerja kami belum selesai untuk Papua, ke depan berbagai program modernisasi akan terus kami luncurkan demi meningkatkan konektivitas, keselamatan dan efisiensi penerbangan di wilayah Papua," katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso, yang turut hadir juga menyampaikan apresiasinya terhadap sinergi BUMN ini.

Ia menyatakan
 modernisasi layanan navigasi penerbangan di Papua ini semakin meneguhkan komitmen Indonesia dalam meningkatkan keselamatan dan efisiensi penerbangan.

Berdasarkan audit USOAP oleh ICAO peringkat keselamatan Indonesia menempatkan pada peringkat 55 dari 191 negara anggota ICAO dari sebelumnya berada di posisi 151.

Indonesia mencatatkan nilai keselamatan sebesar 81,15% melebihi standar keselamatan dunia di angka 64,71%.

Sektor navigasi penerbangan menyumbang nilai tertinggi kedua dengan nilai 86% meningkat signifikan dari sebelumnya 56%.

Hadirnya modernisasi layanan navigasi penerbangan di Papua ini, tentunya keselamatan penerbangan di ruang udara Indonesia akan dapat terus ditingkatkan, sehingga transportasi udara yang selamat, aman dan nyaman dapat semakin dinikmati oleh masyarakat Indonesia, termasuk di Papua. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER