Sinergi BUMN di UIN Jakarta, Dirut Jasa Marga Berbagi Pengalaman dengan Mahasiswa

MONITOR Jakarta – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Kementerian BUMN menggelar kegiatan bertajuk “BUMN Hadir di Kampus Tahun 2017” serentak pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Empat BUMN, yaitu Jasa Marga, Bank Mandiri, Bhanda Ghara Reksa dan Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia bersinergi mengajar di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gelaran yang bertemakan edukasi ini melibatkan 28 perguruan tinggi Indonesia yang tersebar di beberapa provinsi. BUMN Hadir di Kampus 2017 melibatkan Menteri BUMN, Pejabat Eselon I Kementerian BUMN dan para Direktur Utama BUMN yang diterjunkan ke kampus untuk berdiskusi dengan civitas akademika perguruan tinggi yang terdiri dari para pengajar dan mahasiswa. Kegiatan ini juga melibatkan pakar dari perguruan tinggi yang bersangkutan dalam diskusi serta sekitar 1050 mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor Rektor UIN Syarif Hidayatullah Dede Rosyada, menyambut positif kegiatan BUMN Hadir di Kampus dan berharap mahasiswa yang hadir mendapat pengetahuan kiprah BUMN bagi Negara.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani berbagi materi terkait gambaran kondisi perekonomian nasional terkini serta program-program unggulan BUMN yang bisa disinergikan dengan Perguruan Tinggi.

"Melihat semangat dan antusias mahasiswa ini, kita semua bisa menyimpulkan bahwa respon para mahasiswa ini sangat bagus sekali. Kita ingin mahasiswa mengetahui apa yang dikerjakan BUMN selama ini, di tahun ini juga. Jadi mereka tahu apa yang sedang BUMN perjuangkan," ujar Desi Arryani di Kampus UIN Jakarta, Sabtu (28/10).

"Tujuan diadakannya program BUMN Hadir di Kampus 2017 ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian nasional dan peran strategis BUMN dalam pembangunan ekonomi nasional, serta menjembatani sinergi BUMN dengan perguruan tinggi yang memiliki sumber daya manusia," jelasnya lagi.

Antusiasme mahasiswa dalam diskusi publik ini memang terlihat dalam sesi tanya jawab. Selain berbagi pengalaman, dalam kegiatan tersebut, sinergi BUMN juga memberikan bantuan pendidikan berupa bantuan sarana dan prasana pendidikan senilai tiga ratus juta rupiah untuk UIN Syarif Hidayatullah yang diserahkan oleh Asisten Deputi Kementerian BUMN TJSL Indriani Widiastuti kepada Wakil Rektor 1 UIN Syarif Hidayatullah Fadillah Suralaga.

Dalam kegiatan ini, turut hadir pula Asisten Deputi Kementerian BUMN Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Indriani Widiastuti, Direktur SDM dan Umum Jasa Marga Kushartanto Koeswiranto, Direktur SDM dan Umum Asabri Herman Hidayat dan Executive Vice President Regional CEO III Bank Mandiri Aquarius Rudianto.

Dengan diselenggarakannya civitas akademika ini, diharapkan mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik, adil, makmur dan sejahtera.