Sinar Mas Gandeng Investor Lokal East Venture dan Yahoo Jepang

MONITOR, Jakarta – PT. Sinar Mas merupakan salah satu grup konglomerat di Tanah Air, kini masuk dalam pemodal ventura yang menjaring bisnis start up.

Bermitra dengan perusahaan lain, Grup Sinar Mas membentuk modal ventura bernama EV Growth. Dua mitra bisnis lain yang digandeng SMDV adalah investor lokal East Venture, serta Yahoo Jepang milik Softbank.

Franky Oesman Widjaja, Penasihat Senior SMDV dan Chairman and Chief Executive Officer Sinar Mas Agribusiness and Food mengaku tertarik terjun di bisnis teknologi informasi dan digital yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, bisnis start up pun berkembang pesat.

"Semua lini bisnis dan segala prosesnya memang perlu digitalisasi," katanya saat ditemui beberapa hari lalu.

Namun, ia melihat ada celah pasar yang belum tergarap optimal oleh para pelaku modal ventura. Misalnya, hanya sebagian kecil yang masuk segmen pendanaan seri B atau dengan suntikan dana berkisar US$ 10 juta.

Dia menyatakan, tahun lalu, total injeksi modal ke start up di kawasan Asia Tenggara dengan total mencapai US$ 7,9 miliar. Dari jumlah itu, hanya 8% yang masuk pendanaan seri B atau dengan suntikan dana berkisar US$ 10 juta.

Celah itulah yang akan jadi fokus EV Growth. Perusahaan ini akan bermain di segmen usaha rintisan yang membutuhkan modal lanjutan di seri B.

Franky optimis, perusahaan patungan ini bisa membawa efek positif. Sebab, dia menilai para mitra usahanya memiliki track record di bidang masing-masing.

East Ventures, misalnya, banyak menyuntik dana start up lokal yang sedang di tahap awal usaha. Sementara Yahoo Jepang termasuk perusahaan internet terbesar di Jepang.

Roderick Purwana selaku Managing Partner SMDV mengatakan, pihaknya akan lebih agresif menyalurkan permodalan terhadap para start up di Tanah Air.

"Kami akan memburu lebih banyak lagi perusahaan rintisan," tandasnya.