SCG Tunjuk Standard Chartered untuk Kelola Dana Anak Perusahaan

MONITOR, Jakarta – SCG, konglomerat bisnis terkemuka di ASEAN, resmi menunjuk Standard Chartered Bank (“Bank”) sebagai pengelola dana untuk sejumlah anak perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Penunjukkan ini didasarkan pada kredibilitas dan kemampuan Bank dalam memberikan solusi pengelolaan keuangan yang terintegrasi dan menyeluruh sesuai dengan kebutuhan SCG.

Pemberian mandat ini diresmikan hari ini melalui penandatanganan kerjasama yang dihadiri langsung oleh Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, Rino Donosepoetro dan Country Director SCG Indonesia, Nantapong Chantrakul.

Di Indonesia, binsis SCG fokus pada 3 bisnis utama yaitu semen dan bahan bangunan, kemasan, serta kimia. Perusahaan-perusahaan yang masuk didalam perjanjian ini diantaranya PT SCG Indonesia, PT Semen Jawa, PT Tambang Semen Sukabumi, PT SCG Readymix Indonesia, PT Pion Quarry Nusantara, PT Semen Lebak, PT SCG Pipe and Precast Indonesia, PT KIA Serpih Mas, PT KIA Keramik Mas, PT Surya Siam Keramik, PT Primacorr Mandiri, PT Indoris Printingdo, PT Indocorr Packaging, PT TPC Indo Plastic and Chemicals, PT Keramika Indonesia Assosiasi Tbk, PT Kokoh Inti Arebama Tbk, dan PT SCG Lightweight Concrete Indonesia.

Rino Donosepoetro, Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, menjelaskan, “Kami sangat berterima kasih untuk kepercayaan yang diberikan SCG. Menjadi Bank Internasional Terbaik di Indonesia bukan hanya aspirasi, namun juga komitmen Standard Chartered Bank. Hal ini kami wujudkan tidak hanya dengan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan klien, namun juga bernilai tambah. Melalui kerjasama ini, Standard Chartered Bank tidak hanya memberikan layanan keuangan kepada SCG, namun kami juga menawarkan layanan keuangan bagi seluruh jaringan supplier dan distributor perusahaan melalui program Banking the Ecosystem.”

Banking the Ecosystem merupakan program yang dimiliki Bank dalam memberikan layanan keuangan bukan hanya kepada klien yang bersangkutan, namun seluruh ekosistem klien, termasuk pemasok, vendor, mitra bisnis, dan pelanggan. Program ini dipercaya dapat mendukung SCG dalam menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.  

Menyambut baik kerjasama ini, Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia menyatakan, “Sebagai perusahaan yang telah berdiri selama lebih dari satu abad, SCG memiliki visi untuk menjadi pemain terdepan di ASEAN. Indonesia, secara khusus, menjadi fokus utama kami dimana sejak tahun 2011, kami secara intensif melakukan investasi dalam berbagai jenis usaha. Kami percaya dengan dukungan layanan cash management dan layanan keuangan bagi supply chain dari Standard Chartered Bank, komitmen untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dapat diwujudkan.”

Saat ini, seluruh anak perusahaan yang masuk dalam kerjasama antara Bank dan SCG memiliki lebih dari 75 akun dari berbagai bank di Indonesia. Solusi layanan yang ditawarkan oleh Bank mampu mengurangi sekitar 70 persen dari jumlah tersebut. Hal ini tentu akan meningkatkan efisiensi dan kenyamanan SCG beserta anak perusahaannya dalam mengelola keuangan.

Mandat ini juga menjadi kelanjutan dari relasi baik yang sudah terbentuk selama lebih dari 15 tahun antara Bank dan SCG di beberapa wilayah di Asia, seperti Thailand, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Filipina, Singapura, Cina dan Hongkong, serta Amerika Serikat.

“Kerjasama ini juga semakin menegaskan kekuatan Bank di sektor perdagangan internasional yang didukung oleh jaringan internasional yang luas di pasar-pasar dinamis, seperti Afrika dan Timur Tengah, serta pengalaman yang panjang selama lebih dari 150 tahun,” tutup Rino.