Sandiaga : Spekulan Dollar Banyak Akalnya daripada Akhlaknya

Calon wakil presiden 2019 Sandiaga Salahuddin Uno (dok: IG)

MONITOR, Jakarta – Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno menyatakan bahwa dirinya prihatin dengan melemahnya rupiah terhadap dollar AS. Karena itu, dia berniat menukarkan aset dollar AS miliknya ke rupiah. Menurutnya, ini adalah tindakan bela negara.

“Saya sudah mengkonversi simpanan saya ke rupiah. Ini waktunya sama-sama membela negara, jangan sampai terpecah-belah. Spekulan banyak, jangan mau kita terkecoh, apalagi mereka banyak akalnya daripada akhlaknya,” ucap Sandiaga, Rabu (5/9).

Meski tidak menyebutkan berapa banyak dollar yang akan ditukarkan, Sandiaga mengatakan bahwa aset dollar yang dimilikinya cukup banyak.

“Ya, lumayanlah kalau dari LKHPN saya sekitar 35 persen dari holding saya. Kan sebenarnya kalau dilihat 95 persen dari nilai holding saya kebanyakan rupiah,” kata Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga juga berharap supaya rupiah segera menguat agar memperlancar bisnis dan ekonomi masyarakat Indonesia. Karena, bagi Sandiaga krisis ini harus disikapi dengan bijak.

“Jadi kalau politikus beneran, doanya mudah-mudahan (rupiah sampai) Rp 15 ribu, mudah-mudahan ekonomi jeblok. Kalau saya nggak. Saya tahu begitu krisis 10 tahun ini kita, waktu krisis 1997-1998, berapa tahun kita recovery-nya, 10 atau 12 tahun,” tandas Sandiaga.