Saat Musim Mudik, Stok BBM di Pulau Jawa Dipastikan Aman

Tim Posko Nasional ESDM mengadakan jumpa pers (dok: Humas kementerian ESDM)

MONITOR, Jakarta – Jelang masa libur lebaran idul Fitri 2018, Tim Posko Nasional ESDM memastikan pasokan BBM aman sejak tanggal 31 Mei hingga 28 Juni mendatang. Ketua Posko Nasional ESDM Fanshurullah Asa menyatakan, untuk mengamankan pasokan BBM bagi pemudik di pulau Jawa, pihaknya telah menyiapkan layanan BBM tambahan.

“Penambahan layanan tersebut antara lain dengan menyiapkan SPBU/SPBKB untuk beroperasi lebih lama di jalur utama mudik dan daerah wisata. Layanan lainnya adalah menyediakan Serambi, Kiosk, layanan motoris, dan kantong-kantong BBM,” ujarnya, sebagaimana dilansir dari laman resmi Kementerian ESDM, Rabu (30/5).

Selain pengoperasian SPBU, Pertamina akan menambah layanan lain di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, yakni Serambi Pertamax sebanyak 13 unit, KiosK Pertamax sebanyak 60 unit, Motoris Kemasan hingga 200 unit, Kantong BBM sebanyak 105 unit, dan Mobil Dispenser sebanyak 16 unit.

AKR Corporindo pun akan mengoptimalkan layanan SPBKB di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berjumlah 7 SPBKB serta menambah layanan KiosK Kemasan sebanyak 3 unit, yakni 2 KiosK di Jawa Tengah dan 1 KiosK di Jawa Timur.

“Kami juga telah menginstruksikan Pertamina untuk menyediakan Premium di semua SPBU di jalan tol, jalan utama (non tol), serta jalur angkutan umum, dan jalur keramaian,” tambah Fanshurullah.