Jumat, 29 Maret, 2024

RNI Gelar Mudik Gratis Bareng BUMN 2018

MONITOR, Jakarta – PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) turut mendukung kelancaran mudik Lebaran 2018 dengan menggelar program Mudik Gratis bagi 1.000 orang pemudik.

Program Mudik Gratis ini merupakan bagian dari program Mudik Bareng BUMN Tahun 2018 yang digelar oleh Kementerian bersama 61 BUMN lainnya dengan target peserta sebanyak 200 ribu pemudik.

Menurut Corporate Communication RNI Fazar Bachtiar, pendaftaran mudik gratis RNI dibuka sampai tanggal 1 Juni 2018.

“Program ini terbuka untuk umum. Masyarakat dapat mendaftarkan hanya dengan membawa kartu identitas (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) dan mengisi formulir yang sudah disediakan di beberapa lokasi pendaftaran,” ujar Fazar, di Jakarta, Rabu (30/5).

- Advertisement -

Menurut Fazar, guna memastikan partisipasi masyarakat secara luas, RNI telah membuka beberapa lokasi pendaftaran yang tersebar di kantor pusat hingga anak perusahaan, seperti Gedung RNI Mega Kuningan Jakarta, Kantor PT PG Rajawali II Cirebon, Kantor Pabrik Gula (PG) Jatitujuh Majalengka, Kantor PG Subang, Kantor PT Rajawali Nusindo Cabang Pontianak dan Palangkaraya.

“Pemenuhan armada transportasi dilakukan melalui Sinergi BUMN dengan Perum Damri dan PT PELNI (Persero). Kami telah menyiapkan puluhan armada bus Damri executive class dan 2 kapal penumpang PELNI untuk mengangkut pemudik dari beberapa titik keberangkatan.

Bus akan diberangkatkan dari Subang dan Majalengka pada 8 Juni 2018, serta dari Jakarta dan Cirebon pada 11 Juni 2018 dengan tujuan Yogyakarta, Solo, Madiun, dan Surabaya. Sedangkan untuk kapal laut kita berangkatkan pada 9 Juni 2018 dari Pontianak dengan tujuan Surabaya dan dari Pelabuhan Kumai dengan tujuan Semarang,” jelas Fazar.

Untuk informasi lebih lanjut, Fazar menyarankan calon pemudik menghubungi nomor kontak panitia yang tertera pada pengumuman di sosial media dan website resmi RNI.

“Calon pemudik juga dapat menghubungi anak perusahaan ataupun Kantor Cabang RNI Group terdekat baik melalui pesawat telepon maupun datang langsung,” ungkapnya.

Agar dapat memberikan manfaat secara luas, Fazar mengajak masyarakat turut serta memanfaatkan program ini.

Selain tanpa dikenai biaya, atau 100 persen gratis, pemudik akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti kaus, topi, dan goodybag serta jaminan asuransi.

“Kami berharap melalui program ini RNI dapat turut serta memberikan kontribusi nyata dalam mensukseskan program Pemerintah pada mudik tahun 2018, khususnya dalam mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan sendiri seperti sepeda motor,” harapnya.

Pada tahun ini, Pemerintah semakin menggenjot pelaksaaan program mudik gratis menggunakan bus, kapal laut, dan kereta api.

Pasalnya, Direktorat Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memprediksi pada Lebaran 2018 akan terjadi lonjakan angka pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Kemenhub memperdiksi pada 2018, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor sebanyak 6,3 juta orang, atau meningkat 30,4 persen dari tahun lalu yang berada di angka 4,7 juta orang pemudik.

Adapun jumlah pemudik Lebaran 2018 diperkirakan sebanyak 19,5 juta orang atau mengalami peningkatan 10 hingga 15 persen dibanding tahun lalu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER