Ribuan Masyarakat Gorontalo Meriahkan Jalan Sehat Jamkrindo

Ribuan masyarakat Gorontalo meriahkan jalan sehat Jamkrindo

MONITOR, Gorontalo – Ribuan orang memeriahkan acara jalan sehat 5 kilometer memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Perum Jamkrindo dalam rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Gorontalo.

Sejak pagi, ribuan masyarakat Gorontalo sudah memadati Lapangan Taruna di pusat Kota Gorontalo untuk memeriahkan acara tersebut.

Acara dibuka oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dan Direktur Utama Perum Jamkrindo, Randi Anto. Jalan sehat dalam rangka peringatan kemerdekaan ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti hiburan, pembagian doorprize, dan sejumlah perlombaan. Selain itu, Perum Jamkrindo juga menggelar pasar murah paket sembako yang hasil penjualannya akan disumbangkan.

Ribuan masyarakat Gorontalo meriahkan jalan sehat Jamkrindo

Direktur Utama Perum Jamkrindo, Randi Anto menuturkan, program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) ini merupakan komitmen serta wujud nyata peran Perum Jamkrindo, membangun pemahaman mengenai peran Kementerian BUMN sebagai agen pembangunan.

”BUMN terus berperan aktif dalam pembangunan sebagai bentuk kerja nyata BUMN dalam mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan,” kata Randi Anto, Minggu (19/8).

Kegiatan jalan sehat ini merupakan salah satu agenda dari beberapa kegiatan yang digelar Kementerian BUMN dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk keempat kalinya, seluruh BUMN secara serentak melaksanakan kegiatan BHUN di berbagai wilayah sebagai komitmen BUMN untuk terus hadir di tengah masyarakat.

Perum Jamkrindo merupakan koordinator pelaksana kegiatan bersama dengan Perum Perumnas sebagai BUMN pelaksana kegiatan BHUN. Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan untuk menggelorakan semangat Merah Putih di Provinsi Gorontalo, antara lain dengan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN), jalan sehat, dan upacara bendera, serta bantuan sosial pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat berupa sarana dan prasarana umum, program padat karya, pasar murah, serta menyediakan sarana air bersih di sekitar lokasi Pantai Hiu Paus Kabupaten Bone Bolango.

Dalam program SMN, Perum Jamkrindo mengirimkan 24 siswa terbaik di Provinsi Gorontalo ke Lampung selama tujuh hari dalam program pertukaran pelajar agar saling mengenal keanekaragaman budaya dan kekayaan alam antar provinsi.

Sebanyak 3 siswa di antaranya merupakan siswa berkebutuhan khusus, tetapi perjalanan mereka didampingi oleh pengawalan guru serta Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo.

Sebagai satu-satunya BUMN di bidang penjaminan kredit, Perum Jamkrindo mendukung pengembangan perekonomian nasional. Didirikan sejak tahun 1970, Perum Jamkrindo dipercaya menjadi lokomotif pertumbuhan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK) di Indonesia melalui usaha penjaminan. Perum Jamkrindo mencatatkan kinerja penjaminan yang positif hingga semester I-2018.

Volume penjaminan kredit pada Semester I/2018 tercatat sebesar Rp 86,298 triliun atau tumbuh 22,5 persen. Adapun, total aset Jamkrindo sepanjang semester I-2018 mencapai Rp 15,132 triliun.