Jumat, 19 April, 2024

Refly Harun Pantau Langsung Instalasi Steel Box Girder Tol Jakarta-Cikampek II

MONITOR, Karawang – Tepat pukul 03.00 WIB, Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Refly Harun, didampingi Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dan Direktur Pengembangan Hasanudin melihat langsung pemasangan (instalasi) perdana steel box girder proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated). Lokasi pemasangan steel box girder perdana ini dilakukan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 46+200 arah Cikampek.

Instalasi steel box girder seberat 80 ton dengan panjang 60 meter, lebar 2 meter tinggi 2.4 meter ini, dibutuhkan sekitar 2500 buah untuk pembangunan proyek jalan tol sepanjang kurang lebih 38 Km, yang dikelola oleh PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JCC) selaku anak usaha Jasa Marga.

Dengan dipasangnya steel box girder perdana ini, Refly Harun menegaskan bahwa proses pemasangan harus sesuai dengan syarat dan ketentuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), baik bagi pengguna jalan tol maupun para pekerja proyek. Sehingga, tidak terjadi kesalahan pada salah satu tahap terpenting dalam pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini.

"Mudah-mudahan proses pemasangan steel box girder ini bisa berjalan dengan lancar sesuai skenario dan tetap mengedepankan mitigasi risiko yang zero mistake," ujar Refly di lokasi pemasangan.

- Advertisement -

Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono mengatakan, konsekuensi dari proses pemasangan steel box girder ini mengharuskan ditutupnya bahu jalan dan 1 (satu) lajur di kilometer terkait, selama kurang lebih satu jam.

"Untuk pemasangan steel box girder menggunakan metode angkat dengan dua buah crane. Proses pengangkatan hingga pemasangan membutuhkan waktu sekitar satu jam. Jadi akan ada penutupan bahu jalan dan satu lajur ketika proses berlangsung," imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER