Produksi Wintor, Astra libatkan Industri Kecil dan Menengah

MONITOR, Jakarta – Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto mengatakan, dalam membuat Wintor, pihaknya telah melibatkan industri kecil dan menengah (IKM) sektor komponen otomotif dengan kapasitas produksi mencapai 3.000 unit per tahun.

Sejak November 2013 hingga saat ini, PT Velasto Indonesia telah memproduksi 1.177 unit Wintor yang tersebar di seluruh lokasi Indonesia.

"Kehadiran Wintor diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung program mekanisasi dan membantu meningkatkan efektivitas operasional dan produktivitas panen komoditas,"tuturnya.

Prijono menambahkan, Wintor menggunakan mesin diesel 10 HP sehingga mampu mengangkut kelapa sawit dan hasil perkebunan lainnya dengan kapasitas sampai dengan 500 kg dan dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 0,5 liter per jam.

Fitur ini menjadikan Wintor sebagai alat angkut khusus yang memiliki performa tinggi namun irit bahan bakar.

"Dengan berbagai kelebihan yang dimilki, Wintor siap masuk di pasar internasional dengan membidik Malaysia sebagai negara dengan perkebunan kelapa sawit terluas kedua di dunia, setelah Indonesia,"imbuhnya.