Presiden Resmikan Jalan Tol Terpanjang di Sumatera

MONITOR Medan – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Ruas Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah, pada Jumat (13/10). Ruas jalan tol yang melintasi Bandara Kualanamu-Lubuk Pakam-Teluk Mengkudu-Sei Rampah itu merupakan ruas jalan tol terpanjang di Sumatera, mencapai 42 Km.

Rampungnya jalan tol yang dioperasikan oleh PT Jasamarga Kualanamu Tol yang merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. ini diprediksi akan mempersingkat waktu tempuh dari Bandara Kualanamu menuju Sei Rampah, maka diharapkan dapat mengurai kepadatan pada jalan nasional.

Didampingi Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, dalam sambutannya Jokowi mengatakan Ruas Tol terpanjang di luar Pulau Jawa tersebut dapat berdampak besar bagi proses distribusi barang dan jasa menjadi sangat cepat.

"Jika jalan tol semua telah tersambung, maka diharapkan dapat menurunkan biaya operasional pengiriman barang dan jasa. Penurunan biaya operasional berdampak pada penurunan harga barang, dengan begitu dapat meningkatkan daya saing," ujar Jokowi.

(Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan saat meresmikan Jalan Tol Kualanamu- Sei Rampah, Medan)

Selaras dengan ucapan Presiden, Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol Agus Suharjanto mengatakan bahwa dengan diresmikannya Seksi Kualanamu-Sei Rampah yang merupakan bagian dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (seksi 2 s.d seksi 6) diharapkan memiliki potensi yang besar untuk memperkuat pengembangan wilayah, khususnya untuk mendukung pergerakan dan peningkatan perekonomian di wilayah Sumatera.

"Kami mengucapkan terima terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses pembangunan jalan tol Seksi Kualanamu-Sei Rampah, baik dari unsur Pemerintahan, maupun masyarakat sekitar. Diharapkan dengan dioperasikannya jalan tol Kualanamu-Sei Rampah ini dapat berkontribusi positif terhadap pergerakan barang dan jasa yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan perekonomian di wilayah Sumatera," harap Agus.

Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah ke depannya akan terkoneksi dengan jalan tol Jasa Marga yang telah beroperasi sebelumnya, yaitu Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, dimana titik pertemuan antar dua jalan tol tersebut adalah di Tanjung Morawa. 

Untuk mensosialisasikan Ruas Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah, Jasa Marga telah menggelar Festival Jalan Tol pada awal bulan Oktober lalu. Dalam kesempatan itu, Jasa Marga sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi terkait penggunaan uang elektronik yang akan diterapkan pada seluruh ruas jalan tol di Indonesia mulai Oktober 2017.