Jumat, 29 Maret, 2024

Tingkatkan Perekonomian, KRPL Kementan Kembangkan “Kampung Hijau Sejahtera”

MONITOR, Pandeglang – Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah) pertama kalinya di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, prorinsi Banten Senin (11/3).

Kegiatan Kampung Hijrah bertujuan untuk memanfaatkan dan menghijaukan pekarangan guna meningkatkan ekonomi produktif keluarga serta pelestarian tanaman lokal.

Kegiatan ini digagas dan dipelopori oleh OASE KK bidang Lingkungan Hijau (bidang V) yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto (Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan), serta berangotakan Martati Amran Sulaiman (Kementerian Pertanian), Mulyani Syafruddin (Kementerian PAN-RB), Retno Setyowati Mardiasmo (Kementerian Keuangan), Peggy Kho Pik Hiang Lukita (Kementerian Perdagangan), Nanik Istumawati Hadi (Panglima TNI) serta Ambarwati Bambang (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

Kampung Hijrah akan dijadikan percontohan dan nantinya akan dikembangkan di daerah lain di Indonesia.

- Advertisement -

Kementerian Pertanian sebagai salah satu bagian dari anggota Bidang V, sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini yang dibuktikan dengan memberikan sejumlah bantuan ke Desa Margagiri, antara lain: dari Badan Ketahanan Pangan berupa paket kegiatan Kawasan rumah Pangan Lestari (KRPL) lengkap dengan kebun bibit, demplot serta pekarangan diawali untuk 71 rumah tangga.

Bantuan lain adalah 1.000 pohon manggis dan mangga serta benih tanaman dari Ditjen Hortikultura, 1.000 pohon mangga dari Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang; 1.500 bibit aneka sayuran, benih sayuran termasuk rak hidroponik serta paket 2.000 ayam beserta kandangnya. Selain itu juga 500 bibit tanaman obat keluarga dari Balitro Litbang Pertanian.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Semua kelihatan jadi subur dan hijau-hijau,” ujar Rugaiya Wiranto ketika melihat Kebun Bibit Desa KRPL.

“Pekarangan penuh dengan tanaman dan terlihat hijau royo-royo berkat bantuan Menteri Pertanian,” ujar Rugaiya, selaku ketua bidang V disela kunjungannya. “Tolong tanaman ini dipelihara biar lestari dan berkelanjutan,” tambahnya.

Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah)

Menurut Rugaiya, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita juga menyambut baik kegiatan optimalisasi pemanfaatan Pekarangan.

“Saya sangat setuju dengan kegiatan KRPL, apalagi dengan adanya kebun bibit, diharapkan dapat terjaga keberlanjutannya, karena bibit yang ada nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat akan merasakan manfaatnya,” ujar Irna Narulita.

“Kegiatan ini akan saya kembangkan terus di desa-desa lainnya di Pandeglang,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER