Ribuan Masyarakat Berduyun-duyun Padati Lokasi Pembukaan HPS ke-38

Ribuan peserta HPS ke-38 berjalan kaki ramai-ramai menuju lokasi pembukaan (foto: Tsani/MONITOR)

MONITOR, Barito Kuala – Pagi ini suasana desa Jejangkit Muara di kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, cukup ramai. Pasalnya, ribuan orang berduyun-duyun mendatangi lokasi pembukaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38, Kamis (18/10).

Untuk menjangkau lokasi, mereka harus menempuh perjalanan cukup panjang dari arena lapangan parkir, yaitu sekitar 1 kilometer. Dalam pantauan MONITOR, para peserta pembukaan HPS ke-38 tampak antusias ramai-ramai berjalan menuju lokasi.

Tenda-tenda lokasi penyelenggaraan pembukaan HPS ke-38 di Desa Jejangkit Muara Kec. Jejangkit, Kab. Barito Kuala

Selain jajaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah, para peserta berasal dari elemen masyarakat diantaranya komunitas tani, para pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat umum. Mereka pun berjalan kaki sambil berbincang-bincang, sebagian lainnya ada yang menempuhnya dengan menaiki motor.

Perlu diketahui, kegiatan Pembukaan HPS ke-38 ini akan dibuka pukul 09.55 WITA oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor. Sambutan selanjutnya dari Food and Agricultural Organization (FAO) dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Selanjutnya, ada agenda penyerahan hadiah lomba UPJA berprestasi 2018 dan sertifikat tanah kepada masyarakat serta dilanjutkan panen padi menggunakan Combine Harvester sekaligus membuka Gelar Teknologi Pengelolaan Lahan Rawa.