Petani Brebes Puas Hasil Panen Bawang Merah Berukuran Jumbo

Mentan Andi Amran akan melakukan panen di Brebes beserta sejumlah petani. (Dok: Hans Monitor)

MONITOR, Brebes – Hari ini, Rabu (1/8) Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman bersama rombongan akan melakukan panen raya bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Sebelum kedatangan Mentan, di lokasi panen raya telah nampak sekelompok petani bawang merah yang tergabung dalam kelompok tani Uman Jaya tengah memanen bawang.

Kepada MONITOR, salah satu petani bawang merah yang melakukan panen di kompleks persawahan Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, Brebes, tersebut mengungkapkan panen bawang kali ini menjadi panen yang sangat baik. Hal itu lantaran selain cuaca yang mendukung, hasil panennya sendiri cukup memuaskan, yakni bawang merah yang dihasilkan berkualitas baik alias “besar-besar”.

“Lumayan mas, cuacanya bagus bawangnya juga besar-besar. Dua bulan dari tanam cuacanya sudah bagus,” ungkap salah seorang petani.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dijadwalkan melakukan panen raya di lokasi tersebut. Dimana agenda berikutnya Amran juga akan melakukan ekspor bawang sebanyak 5.600 ton dari Brebes ke Thailand.

Hingga berita ini diturunkan, nampak lokasi Panen Raya Bawang Merah kali ini tengah dipersiapkan menyambut kedatangan menteri, dengan beberapa petani juga melanjutkan rutinitasnya merawat tanaman bawang siap panen tersebut.