Selasa, 19 Maret, 2024

Kementan Minta Bulog Segera Serap Gabah Petani

MONITOR, Jakarta – Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, mengatakan BULOG harus segera menyerap gabah para petani, terlebih harga gabah sudah turun.

“Saat ini BULOG harus bergegas menyerap gabah petani, karena harga sudah mulai turun mendekati harga Rp. 4.070,” ujar Agung Hendriadi di kantornya, Senin (18/3).

Menurut Agung, memasuki Minggu ketiga hingga akhir Maret 2019 ini, beberapa wilayah sentra produksi padi di Indonesia tengah memasuki masa panen, diantara nya Jawa Timur, Jawa Tengah, NTB, Sumatera Selatan, Kalsel, Lampung dan Jawa Barat.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, saat ikut memantau kegiatan serap gabah petani di daerah

“Kondisi ini merupakan waktu yang tepat bagi Bulog untuk menyerap hasil panen petani secara maksimal. Jika tidak segera diserap, kasihan petani kalau harganya anjlok,” tambah Agung.

- Advertisement -

Menurut Agung dengan serapan gabah oleh BULOG, diharapkan stabilisasi harga pangan tetap stabil di tingkat petani dan konsumen.

“Jangan sampai petani berteriak kalau harga jatuh. Serap segera. Kalau harga sudah terlanjur jatuh, sulit lagi mengembalikan karena kita tahu kemampuan BULOG tidak banyak,” lanjut Agung.

Dalam upaya mempercepat serapan gabah petani, pihaknya sudah melakukan pendekatan melalui Gapoktan, baik langsung maupun melalui mitra.

Salah satu kegiatan serap gabah petani di daerah

“Gapoktan dan mitra sanggup menyetorkan berapapun yang diperlukan BULOG, sekarang tinggal BULOG membuka diri,” tegas Agung.

Selain berperan dalam stabilisasi harga, Agung mengakui jika fungsi BULOG itu juga untuk mengamankan stabilisasi pasokan.

“Jadi kalau harga sudah turun begini dan BULOG tidak menyerap berarti BULOG tidak melakukan salah satu fungsinya,” pungkas Agung.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER